Kanzen, Apa Kabarmu ?

By | June 7, 2010

hmm…Kanzen, salah satu merk motor yg ‘mengaku’ sbg motor nasional, muncul pada era serbuan motor2 cina pada tahun 2000-an..sy pernah baca bahwa orang-orang dibalik Kanzen adalah mantan orang-orang Honda, Kanzen jg sudah masuk sbg anggota AISI pada tahun 2005, seperti hal-nya produk motor cina lainnya pada awalnya Kanzen jg memproduksi motor copy cat dari pabrikan yg sudah mapan..tp beberapa tahun terakhir sudah mulai ada desain sendiri seperti Taurus yg kemudian dikembangkan menjadi Taurus Ultima dan Taurus Supermoto


Taurus

Taurus Ultima

Taurus Supermoto

secara konsep sy jg sangat tertarik dengan Kanzen Supermoto, dengan gaya bebek trail, tangki ganda, monoshock dan remcakram depan & belakang, mesin sudah 120cc (*meski banyak yg mengatakan performa-nya biasa saja), salah satu produk yg bagus, seingat sy jg motor ini pernah mendapat kan penghrgaan MotorPlus Award untuk kategori Best Design sebanyak 2 kali

sy jg ingat pada awal kemunculan-nya Kanzen meluncurkan salah satu prototipe bebek super yg sesungguhnya, *maaf sy tidak ada gambar, motor tersebut berkonsep bebek tp dijejali mesin moge, klo tidak salah ingat kapasitas 750CC berbasis mesin Suzuki, desainer-nya adalah Mang No, salah satu RnD pabrikan Kanzen.

beberapa waktu lalu jg santer kemunculan Kanzen Roadwin, Kanzen RoadStar yg beredar terbatas, hmm melihat sepak terjang pabrikan sekelasnya seperti Minerva yg berasal dr era motor cina dan sekarang lagi getol-getolnya launching produk2 baru mereka, sy rasa Kanzen jg bisa bersaing asal tetap menggunakan desain-desain tersendiri, atau ‘membeli’ desain paten suatu produk untuk dijual di Indonesia seperti yang dilakukan Minerva.

menurut sy dibanding Minerva , Kanzen lebih berani , liat aja Kanzen berani membuat Tim balap di Indoprix, yg sarat motor2 kenceng dr pabrikan2 mapan, dan bagusnya prestasi dibalap motor sbg pendatang baru jg tidak bisa dianggap sebelah mata..ada juga inovasi dengan Kanzen Hybrid yg berbakar gas 😀

Kanzen Racing Team

bebrapa tahun yg lalu sih, sy masih dengan mudah melihat motor Kanzen dijalanan, tp akhir-akhir ini kayanya udah teramat sangat jarang sekali..
hmm kira-kira ada apakah dengan Kanzen? ada yg punya info?

sumbergambar : MotorKanzen

Advertisements

29 thoughts on “Kanzen, Apa Kabarmu ?

  1. one08

    iya nih, katanya motor nasional tapi kok gaungnya kalah sama pendatang baru seperti Minerva?

    Reply
  2. remcakram Post author

    soale sy naksir berat sama si Kanzen Supermoto..’jika’ mesin setangguh Shogun mah udah pasti sy angkut ke garasi, hehehe *motorcub fansboy! 😀

    Reply
  3. Legenda Rider

    Kanzen model-modelnya kurang gigit. itu aja alasannya. kalo dl kanzen modelnya bagus, dan konsisten ngluarin barang yang bagus bakalan mantap hasilnya. awalnya dah ngalahin (ato hampir) penjualan kawasaki. kualitasnya awal-awalnya kurang bagus (katanya dpt part kw2) tp makin lama durability makin terjaga. tetangga ada yang punya mpe skr masih bagus pdhl bolak balik bandung bogor. ane jg pernah punya yg 2001, tp kualitasnya kurang, yang 2005 keatas dah mantap.
    Semoga mereka ga patah arang. ngarepin tim marketing ymki yang msuk. krn yang dr ahm adl ahm dl yang masih sgt konvensional.

    Reply
  4. Warga Sipil

    Promo-nya kurang kali bro…
    Kalau emang bener2 produk dalam negeri harusnya mereka lebih gembar-gembor kalo produk dalam negeri ASELI lo.. jangan sampai diklaim oleh negara lain hehehehe
    Mungkin juga dari nama, kalo mencerminkan produk indonesia nama KANZEN juga kayanya kurang pas. Coba dikasih nama BIMA atawa WERKUDORO atw SENGKUNI gitu mungkin lebih indonesia kali ya..
    Kehandalan / ketahanan juga mesin masih diragukan karena Kanzen masih baru lahir, orang indonesia rata2 masih pilih produk jepang yang notabene (*halah) kuat dan tahan banting. Orang indonesia gak banyak yang mikir teknologi motor, asal kenceng, awet, tahan banting, model lumayan yo wes.. laris manis..
    Kalo urusan model ane setuju sama pendapat TS, atw bikin model sendiri asal gak norak sapa tau banyak suka.
    Kalo orang2 kanzen baca ya.. ini sebagai masukan saja..

    Thanks

    Reply
  5. one08

    @warga sipil : jangan sengkuni deh bro! itu patihnya Kurawa, wataknya jahat suka fitnah dan memecah belah! 😥
    mending ambil nama dari Keluarga pandawa aja!

    Reply
  6. remcakram Post author

    benul moso jenenge SENGKUNI, iso di enggo ‘bal-balan’ kro komentator&blogger ntar ,xixixixi

    Reply
  7. remcakram Post author

    yoi, pokoknya Indonesia banget lah.hehehehe

    Reply
  8. sastro

    kanzen melempem nieh..
    Masa di data AISI cm terjual dlm skala ratusan aja.. 😯
    Klo ga salah 194 biji doank yah… 😥
    Xixixixiixixix
    :mrgreen:

    Reply
  9. SepedaMotor.web.id

    Seharusnya pemerintah juga memberi dukungan penuh supaya sepeda motor nasional ini bisa bersaing dengan merk yang lain. Misalnya setiap pegawai negeri mendapat kemudahan untuk mendapatkan sepeda motor kanzen. Pada akhirnya kita akan jadi tuan rumah di negeri sendiri.

    BTW, thanks for sharing.

    Reply
  10. qethenk

    Beuh… coba kanzen supermoto ada di daerah ane, pasti dah kebeli….

    Reply
  11. Iwan

    Kayaknya motornya bagus dan bisa menjadi produk nasional yang layak dibanggakan nich, cuman kok sxepertinya marketingnya kurang gencar ya, mungkin masih banyak juga orang yg tidak tau kalo ini motor nasional.

    Jangan sampai deh kita dijajah ekonomi oleh pabrikan2 motor negara lain di negeri sendiri.

    Reply
  12. girifumi

    @jahe
    maaf bro…kalo ente bilang mocin,salah besar !
    lebih tepatnya alih teknologi dari korea selatan,pabrikan daelim.
    menjadi satu dari sedikit merek motor yang lulus Uji Publik yang super ketat pengujiannya.
    bisa ditanyakan ke kang nadhi (alonrider)…
    saya juga sedikit banyak tahu soal pabrikan ini…

    trims..

    Reply
  13. Izoer

    aq jg heran kok kanzen tdk nongol lg, padahal aq sdang cari tau & kepengen sekali meminagmu, akan tetapi dealer kanzen yg ad dikotaku menghilang begitu saja. tlg tampilkan wajahmu yg maco

    Reply
  14. die

    ada yang mau ngejual crankcase kanzen taurus brow…. aQ butuh nich..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *