Pagi ini Boyolali hujan abu dan pasir

By | November 6, 2010

aktivitas Gunung Merapi beberapa hari ini memang membuat ketar-ketir bagi sebagian orang yang tinggal di seputaran lereng Gunung Merapi, di kost-pun kadang tidak tenang, karena abu yang sering turun membuat khawatir, orang rumah juga sering kontak untuk menanyakan situasi kondisi, maklum saya kerja di Boyolali Kota dan nge-kost di seputaran Boyolali juga, dari info blog bang one memang tempat kerja dan domisili sementara saya termasuk dalam Zona Rawan Bencana, apalagi kemarin liat di GoogleMaps ternyata jarak udara antara kantor dengan puncak Gunung Merapi hanya sekitar 16-18Km. 😆

sumber gambar : riderkampung.wordpress.com

cuaca beberapa hari ini juga kurang mendukung, mendung dan udara yang terasa kotor, abu yang beterbangan, sesekali dengan bau belerang, cukup terasa mengganggu bila bernafas apalagi jika tanpa masker.

menurut saya pagi ini yang paling kerasa, kebetulan malamnya saya pulang kerumah karena di kost-an saya sudah banyak pengungsi yang dateng sejak 2 hari lalu, komplek tempat kost saya ada masjidnya, di masjid itu para pengungsi yang menurut pengakuan mereka berasal dari daerah Tumang, Boyolali tinggal sementara, sedangkan tepat di samping kamar kost saya sudah jadi dapur umum, tempat mandi dan cuci.

baru kali ini saya merasakan hujan abu disertai pasir, perjalanan pagi hari mau ke kantor, sebenarnya lancar saja, tetapi ketika sampai daerah Bolon, sebelah barat Kartasura, dari arah Boyolali ternyata kendaraan-kendaraan sudah kotor, penuh abu, para pengendara motor juga banyak yang menggunakan jas hujan.

setelah beberapa waktu saya nekat jalan, tanpa sadar ketika saya lihat jaket dan celana saya sudah banyak abu, langsung aja saya berhenti untuk memakai jas hujan, ternyata semakin ke arah barat yaitu ke arah Boyolali, abu semakin pekat dan jatuhnya pasir atau abu cukup terasa…hmmm sempat merinding juga sih 🙁 , jarak pandang pun semakin ke barat semakin berkurang.

tapi alhamdulillah perjalanan lancar karena saya ga berani kenceng2 bawa motornya, karena kondisi jalan yang banyak abu disertai pasir, kalo tidak salah ingat, tadi pagi sekitar jam 9-an hujan abu dan pasir baru berhenti.

beberapa teman dan rekan kerja dikantor yang rumahnya ada di zona 10-15Km juga sudah meninggalkan rumah mereka untuk kemudian mengungsi di tempat saudara atau di pengungsian yang disediakan PemKab Boyolali, beberapa cerita yang sempet saya dengar dari para teman atau pengungsi tentang kondisi diatas memang cukup memprihatinkan.

semoga saja ini cepet berakhir agar semua bisa kembali ke rumah dan dapat beraktivitas seperti semula.

* sedikit gambar yang tadi pagi sempet dijepret pake Nokia jadul E63

About these ads

12 thoughts on “Pagi ini Boyolali hujan abu dan pasir

  1. jahe Post author

    Boyolaline mana maskur?? soale hanya Boyolali bagian barat selatan yang kena klo yang rada ke timur utara aman…

    Reply
  2. Bram

    turut prihatin mas dgn kejadian Merapi yg semakin hari semakin parah. saya terus mendoakan dgn sungguh2 supaya bencana tsb cepat berlalu.

    Reply
  3. Kurniaprorider

    Lo dit4Q Ujan lumpur tgl 4 mlm stlh itu cm hujn abu lembut tapi yg bqn brgidik suara gemuruh dan getaranya bkin goyang rumah.mencekam,akhrnya mulai tgl 4 mengungsi.

    Reply
  4. Pingback: Review Suzuki New Shogun 125, setelah 2.5 tahun! « remCakram

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *