Suzuki DR800S Big, generasi terakhir motor dakar-nya Suzuki…

By | January 7, 2012

motor ini memang jarang terdengar karena memang sudah discontinued pada sekitar tahun 2000, motor yang mempunyai kode mesin DR ini memang satu genre dengan motorcross Suzuki DR series, tapi Suzuki DR800S Big atau biasa disebut Dr Big ini khusus dibuat untuk para penggila moto adventure, terbukti motor ini juga digunakan di ajang reli paling ganas di muka bumi ini, Reli Paris Dakar!

motor ini menggunakan mesin konvensional karburator, single cylinder 800cc! πŸ˜† dengan output power mencapai 50HP , :mrgreen: *kaya gimana ya getaran mesinnya? hahaha πŸ˜€ dan kebayang pula torsi motornya? xixix makanya cocok buat adventure / offroad yang tidak toop speed oriented..

selama masa hidup-nya ini motor ini mengalami beberapa perubahan besar seperti perubahan desain tangki BBM, peningkatan kapasitas mesin, kemudian perubahan sistem pendingin mesin dari udara ke oli kemudian radiator dan lainnya.

untuk model bodinya-nya sih untuk ukuran tahun segitu seperti biasa, Suzuki terlalu mendahului jamannya, hmmm yang mungkin seangkatan dengan motor ini adalah Honda XRV750 “Africa Twin”, sesama motor bergenre dual road, diluar negeri pun si DR Big ini kurang begitu terkenal jg, sayang seribu sayang ditengah ‘demam’ moto adventure sekarang ini Suzuki Japan tidak meneruskan motor ini tapi malah mengeluarkan motor adventure berbasis Suzuki V-Strom yang kurang gahar untuk dijadikan motor all terrain road..

source : www.drbig.info , www.suzukicycles.org, www.advrider.com

7 thoughts on “Suzuki DR800S Big, generasi terakhir motor dakar-nya Suzuki…

    1. jahe Post author

      yang buat dines tentara di Indonesia klo ga salah yang trail/motorcross om, Suzuki DR 400 πŸ˜€

      Reply
  1. rherherandaru

    kompetitor BMW f 800 GS yang kalah saing. :p
    dari bentuk keliatan banget bulkynya ya om. keren tuh. tapi saya prefer ke kawasaki KLR familly. πŸ˜€

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *