hip-pocket syndrome, hati-hati ngantongin dompet saat riding, bisa merusak syaraf

By | February 6, 2012

sudah beberapa bulan ini, saya klo riding bawa motor atau klo sedang pergi ada acara tidak lagi mengantongi dompet di saku belakang celana saya, dan ternyataaaaa efeknya bagi saya sungguh luar biasa, duduk ataupun saat riding jadi jauuuuhhhhhh lebih enak dan nyaman, jujur klo tidak percaya slahkan buktikan apalagi bagi para dompeters tebal..

eitsss kenapa bisa begtu, yang jelas saya melakukan itu setelah baca disalah satu tabloid otomotif lokal mengenai wallet syndrome.

wallet syndrome juga dikenal dengan hip pocket syndrome, wallet neuritis, wallet neuropathy, fat wallet syndrome or credit carditis dll *silahkan googing dengan kata kunci tersebut untuk penjelasan lebih lanjut ๐Ÿ˜€

Merupakan hal yang biasa jika para pria menaruh dompetnya di saku belakang celana mereka. Namun kebiasaan itu justru bisa berbahaya karena mempengaruhi saraf-saraf tubuh.

Para ahli mengungkapkan orang-orang yang duduk dengan dompet di saku belakang celana memiliki risiko merusak saraf-saraf kunci. Kondisi ini sudah menjadi sangat umum di masyarakat hingga dijuluki dengan nama ‘hip-pocket syndrome’ atau ‘wallet-neuropathy’.

Pria yang selalu meletakkan dompet di saku belakangnya adalah kelompok yang paling berisiko terkena kondisi ini. Ahli fisioterapi menuturkan adanya lonjakan jumlah pria yang menderita atau mengeluhkan sakit punggung bagian bawah, dan diduga posisi dompet menjadi penyebab utama kondisi ini.

“Saat ini semakin banyak pasien saya yang datang ke klinik dengan keluhan seperti itu. Kondisi ini dipicu oleh posisi dompet yang menekan saraf di belakang tubuh dan seiring waktu bisa menyebabkan linu panggul,” ujar Julian Forth, seorang fisioterapis di Buckhurst Hill, Essex, seperti dikutip dari Detikhealth.

Firth mengungkapkan dompet tersebut akan menekan saraf-saraf di tubuh baik pada saat orang mengemudi atau ketika duduk di tempat kerja. Kondisi ini juga bisa mengakibatkan rasa sakit atau mati rasa pada pergelangan kaki, kaki bagian bawah dan menimbulkan rasa sakit saat berjalan, duduk atau berbaring.

Jika seseorang meletakkan dompet di saku belakang, maka akan menimbulkan ketidakseimbangan yang secara tidak sadar melibatkan otot, tulang dan yang paling penting adalah sistem saraf. Ketidakseimbangan ini membuat seseorang duduk cenderung miring dan mencoba untuk tetap menjaga keseimbangan yang berpusat pada panggul.

Kondisi ini kemungkinan melibatkan satu atau dua kurva kompensasi dari tulang belakang yang membuat posisinya menjadi tidak sejajar. Secara tidak sadar hal ini akan membuat bahu menjadi merosot. Itulah sebabnya meletakkan dompet di saku belakang bisa menyebabkan nyeri pada leher, punggung dan juga bahu.

Jika segera beritahu pasangan, keluarga atau kerabat pria Anda berpikir untuk menghindari kebiasaan tersebut. Meski demikian ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari risiko gangguan saraf, seperti dikutip dari siouxcityjournal.com yaitu:

1. Melakukan sedikit peregangan sebelum duduk
2. Mengeluarkan dompet dari saku belakang sebelum duduk meskipun dompet tersebut tidak tebal
3. Meletakkan dompet pada tempat alternatif lainnya seperti saku jaket atau di dalam tas
4. Duduklah dengan nyaman di kursi atau sofa dengan permukaan yang datar sehingga tidak mengganggu saraf dan struktur tulang serta ototnya benar
5. Jika sudah timbul keluhan sebaiknya segera konsultasikan dengan fisioterapis untuk memperbaiki postur tubuh dan tidak memperburuk keadaan.

sumber kutipan : waspada.co.id

tips menghindari sakit punggung * include penjelasan soal wallet neuritis syndrome

Health Tip Avoid Back Pain, Neck Pain & Leg Pain, Austin Chiropractic

16 thoughts on “hip-pocket syndrome, hati-hati ngantongin dompet saat riding, bisa merusak syaraf

  1. si Oom!

    kalo nagntongi, biasanya di kantong depan oom..
    Kalo ga, ya di masukin tas, lebih aman dan nyaman..
    Fantadpun sehat sentosa ๐Ÿ˜†

    Reply
  2. S.K.P

    pantesan di jalan banyak lihat pengendara motor yang duduknya enggak simetris (agak miring pinggulnya) terutama kalangan bapak-bapak yang sudah berumur..

    Reply
  3. Black_Viper

    Nais inpo, Ane pake celana kerjanya yang model slim fit ๐Ÿ™‚ , jadi klo riding dompet ma hape ditaro di tas kalo gak dijaket.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *