segernya dawet hitam khas Kebumen eh Purworejo ding :D, dont miss it

By | May 21, 2012

long weekend kemarin sempet manasin mesin dan nggundulin ban lewat jalur lintas selatan hehe PP 400KM-an, menuju ke kota Kebumen, karena ada suatu keperluan, FYI, jalur selatan Jogja sampai Kebumen cukup bagus, cuma dibeberapa titik di Purworejo ada perbaikan jalan yang bikin macet :D.

setelah sampai ditempat tujuan, curhat deh ma temen, tadi disepanjang jalan Kutoarjo ke arah Kebumen banyak banget yang jual dawet hitam, penasaran karena belum pernah nyoba, akhirnya teman saya pun berbaik hati traktir dawet hitam khas Kebumen, hmmmm katanya sih yang dibelikan utk saya adalah salah satu yang spesial rasanya, karena es dan santan diolah secara bersamaan, saat es diserut santan dicampur entahlah bagaimana proses detailnya saya tidak tahu ๐Ÿ˜† haha

jadi hasil nya campuran serutan es, tepung (*entah tepung apaan) dan santan itu jadi mirip sama es krim yang melting hmmmmm kebayang kan segarnya ? ๐Ÿ˜€ kemudian kuah santan dengan pemanis gula aren ditambah cendol item yang warna itemnya diolah dari merang, aseli seger banget..so bagi yang sedang lewat jalur Purworejo – Kebumen sedang perjalanan mudik, wisata atau lagi dinas pekerjaan tidak ada salahnya mencicipi dawet hitam ini, harganyapun terjangkau sangat :mrgreen:

About these ads

23 thoughts on “segernya dawet hitam khas Kebumen eh Purworejo ding :D, dont miss it

    1. jahe Post author

      kapan kapan cobain dah, apa iya seenak itu ๐Ÿ˜€

      Reply
    1. jahe

      apalagi ditemani sesorang yang spesial mas wkwkwk ๐Ÿ˜€

      Reply
  1. kakashi

    dijakarta juga ada (dawet hitam khas kutoarjo). emang enak, beda rasanya.

    Reply
  2. Tempur Mania

    hohoho…dewat ireng aslinya Khas Butuh, Kab. Purworejo Bro…yg paling terkenal dawet ireng yang ada di timur JEMbatan BUTuh…judulnya mohon dikoreksi..

    Reply
    1. jahe

      wew thanks infonya..iya kmrn sempet liat tuh dawet item yg deket jembatan butuh rameee bgt

      Reply
  3. masjohn

    koreksi dikit masbro, dawet ireng bukan dari Kebumen tapi dari Purworejo. Nah klo dawet ayu yang biasanya ada (klo nggak salah) Gareng-Petruknya itu khas Banjarnegara…

    Reply
  4. yahonsuwakanja

    seputar alun2 purworejo juga enak…ada tapenya
    atau dpn stasiun…hehehehe..

    Reply
  5. semprul

    walah dawet ireng to mAs itu dawet khas daerahku .”PURWOREJO” khususnya daerah Kec Butuh.banyak yang jualan di sepanjang jalan tapi sekarang kayaknya dah banyak kok di sepanjang jalan Purworejo _ jogja juga kayaknya udah ada 1-2 pedagang yang mangkal.emang sih paling banyak pedagangnya di sekitah JEMBUT (Jembatan Butuh).

    bahkan di Jakarta juga udah ada yang Jualan dawet Ireng.stau saya di daerah JL.Brawijaya 3 Jakarta Selatan ada tuh yang Jualan.

    kalau kuliner dawet asli PUrworejo yang pakai cendol ijo / biru bisa di catri di Pasar Baledono lantai 2.sebelah selatan.harganya juga murah.palingan skarang Rp.1000 semangkok.

    Reply
    1. yahonsuwakanja

      mas..Semprul
      kalau nyari Sego Megono sekarang dimana..?

      matur suwun..

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *