Kereta api semarang – solo, kapan ada ? (lagi)

By | December 5, 2013

kereta api adalah salah satu moda transportasi publik kesukaan sy, salah satu alasannya karena punya jalur sendiri yg ga mungkin diserobot kendaraan lain * mau nyerobot nyawa taruhannya wkwkwk πŸ˜€ *, dan dibanding naik bus sy lebih nyaman aja naik KA, kebetulan tidak jauh di belakang rumah sy ada jalur kereta Solo – Semarang, via Gemolong, Gundih, Kedungjati, dekat rumah jg ada Stasiun kereta kecil, dulu pas sy masih sekolah sih jalur tersebut lumayan rame, tapi sekarang sepertinya hanya 1-2 kali sehari itupun setahu sy hanya kereta barang dan 1-2 atau kereta jarak jauh menuju Jakarta dari dan ke arah Jatim bagian Tengah πŸ˜€ seperti kediri malang dan sekitarnya cmiiw, untuk kereta penumpang sudah tidak ada, menurut yg sy baca sih kereta penumpang jurusan solo – semarang jalur itu sepi penumpang, malah terakhir baca keretanya rusak mangkrak tidak diperbaiki karena tidak ada dana.

sy jg ga ngerti kenapa kalau jalan raya apalagi jalan tol, sepertinya dibangun terus tapi untuk rel KA jalur baru kayanya kok ya jarang denger ya, paling cuma bikin double track saja, apa sy aja yg tdk tahu, yg katro bin kudet ya cmiiw

menurut sy, sih biar ga sepi penumpang utk jurusan solo-semarang , bisa dibikin jalur baru yaitu, solo – boyolali – salatiga – ungaran – semarang, dan mungkin bisa di extend sampai ke Jogja, bus dan travel jg banyak sih yg beroperasi tp sepertinya jalannya sudah overload, makin kesini makin lama aja klo jalan dari semarang – solo, walaupun bawa motor, pengennya bukan kereta yg muluk2, cukup seperti Prameks Solo – Jogja – Kutoarjo, di jalur itu busnya malah lebih keren2 tapi tetep laku aja si Prameks

kapan yo….

About these ads

18 thoughts on “Kereta api semarang – solo, kapan ada ? (lagi)

    1. jahe Post author

      sempat baca berita di tahun 2014 awal akan dibukan KA jurusan Purwokerto – Semarang πŸ˜€

      Reply
  1. Achmad Sya'roni F

    prioritas saat ini adalah bangun tol smg-solo yang ga selesai2. mungkin kalo tol nya udah overload baru kepikiran mengembangkan kereta smg-solo

    Reply
    1. jahe Post author

      yups kalo okupansi atau penumpangnya dikit ya begitu, padahal jaman belanda kan hampir semua kota di jawa terhubung dengan rel KA

      Reply
  2. st3v4nt

    Wah ini jalur kereta kayaknya sengaja dihilangkan, kemarin ada acara di Semarang lalu lanjut ke Jogja maunya naik kereta ternyata sudah bertahun-tahun dihilangkan terpaksa pakai mobil dan masuk ke jalur2 alternatif menghindari macet panjang di Ungaran…..Sudah saatnya pemerintah mengembangkan strategi multi transport di Pulau Jawa kalau ndak mau ongkos transportasi melonjak terus….

    Reply
    1. jahe Post author

      sengaja dihilangkan? bisa jadi tapi kan hal spt itu sulit dibuktikan, jadi cuma jadi prasangka saja

      Reply
  3. ochimkediri

    untk mengurangi volume kendaraan,lebih baik memang concern ke kereta api saja sebagai pilihan transportasi ke berbagai kota. kelebihannya murah dan pastinya nggak kena macet dijalan yang semakin banyak kendaraan.

    Reply
  4. ...

    Untuk yk-bks sekarang banyak KA dari jogja berhenti bekasi. Untuk pwt-slo udah ada. Untuk SM-SLO jga udah operasi. Kalau sm-yk, jalurnya nggak ada karena perbedaan gauge atau lebar sepur. sekarang yang aktif 1067 mm. Sementara petak ambarawa/abr-yk standar internasional atau 1435. Dan tanjakannya mencapai 35 permil. Tidak kuat didaki. Untuk Cilacap jogja, sepertinya memang tidak ada lagi

    Reply
        1. jahe Post author

          semarang – solo ternyata jadwalnya hanya satu kali jalan ya 1 kali pagi dari solo- semarang dan 1 kali siang dari semarang ke solo

          Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *