kapan hujan berhenti ? jalur lintas selatan jawa tengah ‘lumpuh’ krn banjir

By | December 22, 2013

Jumat pagi dr semarang sy mudik ke rumah mertua di daerah prembun kebumen, kali ini sy naik patas ac-nya Sumber Alam dr semarang turun Kutoarjo, masuk purworejo sudah hujan deras tdk seperti biasa-nya, lewat dr terminal Purworejo air sudah tinggi menggenangi sawah2 di pinggir jalan, bahkan di salah satu jalan masuk desa.tingginya sudah sampai 3/4 bodi matic sekelas Beat/Mio

masuk Kutoarjo pas lewat jembatan sungai Serayu jg air udah tinggi,hanya sisa sedikit jarak saja dgn jalan jembatan, di beberapa gang di Kutoarjo jg air sudah masuk menggenangi rumah2 penduduk

image

turun bus di pool Sumber Alam di Kutoarjo, sedikit penasaran dgn banyaknya truk2 Polisi dan TNI yg berlalu lalang dgn sirene menyala  kencang dan membawa perahu karet

sambil menunggu sodara yg mau jemput tanya-tanya warga ternyata pagi tadi sungai meluap krn hujan sejak kamis malam, jadi warga2 banyak yg dievakuasi,salah seorang warga disitu jg cerita udah nunggu lama ga ada bus yg lewat

setelah sholat jumatan sodara sms ga bsa jemput krn macet dijalan disebabkan antrian kendaraan yg lewat terganggu banjir,kondisi jg msh hujan waktu itu

akhirnya ada bus ekonomi Aman jurusan jogja cilacap lewat, sy naik bus ini aja krn tdk ada yg lain disamping kondisi hujan ga tega sama istri klo lama2 nunggu dipinggir jalan

belum lama jalan bus berhenti krn macet didepan,cuma bisa jalan sejengkal demi sejengkal, hehe, bus akhirnya bener2 stuck ga bsa jalan krn kondisi itu, sy turun dan tanya2 orang ternyata banyak yg balik arah krn kondisi jalan didepan tdk bisa dilalui, banjir sudah parah, Jembatan Butuh diblok Polisi, air sudah menutup jalan jembatan itu

image

setelah ngantri hampir 1.5 jam, bus yg sy tumpangi akhirnya balik arah jg mau ambil jalur lewat pantai selatan, penumpang yg tdk berkenan ikut dipersilahkan turun,hehe sudah heptic dan drama kondisinya mana banyak mbah2 yg pengen pulang ke cilacap pd sudah tdk sabar, malah ada mbokde mbokde yg bawa bebek, sumpahhhh bau bangettt krn diprotes penumpang lain harus turun paksa..

akhirnya bus balik lg ke arah purworejo, krn jalur dr Kutoarjo yg menuju lintas selatan jg banjir ga bsa dilewati, itupun jg sama aja kdu menembus jalanan yg sudah banjir tapi masih bsa dilewati

image

setdah, pdhl sy tinggal setengah jam aja dr rumah mertua,eh putar balik jauhhhhhh banget sampe purworejo, jalur selatan pun ramai sekali biasa sepi padahal, magrib sy baru sampai tujuan, sungguh perjalanan panjang banyak cerita xixi 12 jam dijalan,biasanya cuma 5jam

sejak kamis sampe hari ini minggu, hujan belum berhenti di sekitar daerah purworejo kutoarji prembun kebumen,sungai meluap tdk sanggup menanggung debut air yg tinggi, bahkan ada wilayah di kebumen yg longsor
hujan hanya berhenti jeda beberapa jam gerimis habis itu hujan lagi, jalur lintas selatan/daendels jg macettt parah, jalan seperti itu dilewati truk2 besar dan bus besar, banyak yg terperosok di tanah2 sehingga kemacetan semakin parah, sebagian lalu lintas jg di pecah melalui arah Prembun – Wadaslintang – Wonosobo

sore ini info dr sodara yg lewat jalur lintas selatan ada 2 truk trailer mblasuk dijalan lintas selatan, kondisi hujan seperti ini dan padatnya kendaraan, macettt sudah pasti, malah ada warga sekitar sini yg cerita terjebak macet lebih dr 5 jam pdhl cuma pergi jarak dekat.

sy jg bingung gmn ntar balikny. ke semarang krn transportasi umum di jalur tengah jateng ini ga ada yg jalan utk tujuan timur (jogja solo surabaya termasuk semarang)

image

trayek bus jalur selatan lumpuh

Banjir purworejo lumpuhkan jalur selatan jawa tengah

trayek bus bandung – yogya lumpuhnkrn banjir purworejo

Posted from rmckrm android

11 thoughts on “kapan hujan berhenti ? jalur lintas selatan jawa tengah ‘lumpuh’ krn banjir

  1. warung DOHC

    Duhh melu prihatin mas. Saiki kondisinya gimana? Aku mau numpang lewat pulkam kieh

    Reply
  2. Muhammed Al Afhivi

    Ah…Si bapak ini ngarang ajaa… masa sih di Kutoarjo dilewati sungai Serayu..?? Sungai Serayu gak lewat wilayah Kutoarjo pak….!! Serayu cuma melintasi kawasan Wonosobo-Banjarnegara-Purwokerto-Cilacap pak… Klo sungai2 yg ada di lintas selatan Purworejo-Kebumen itu sungai Bogowonto, Jali, Gebang, Butuh dan Lukulo…. Silahkan pilih sungai mana…? hehehee

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *