pasang fitting lampu otomatis dengan sensor cahaya, tenang meninggalkan rumah untuk bepergian

By | May 5, 2014

untuk beberapa bulan ini sy sepertinya bakal sering tidak dirumah, krn istri jg lagi cuti panjang, jadinya rumah bakal kosong terutama saat weekend, sebelumnya sedikit bingung untuk masalah lampu, karena kalau lampu dibiarkan nyala seharian dan berhari-hari, selain dampak usia masa pakai lampu yg bisa jadi pendek karena nyala terus, pemakaian listrik yg berlebihan, juga kalau ada orang yg berniat jahat bisa tahu kalau rumah lagi kosong karena lampu ga pernah dimatikan.

setelah tanya dan googling sana kemari, ternyata jaman sekarang sudah ada alat yang murah meriah tapi sangat fungsional buat urusan lampu ini, kalau jaman dulu harganya masih mendekati ratusan ribu, sekarang sudah terjangkau, tergantung merk antara 25rb-50rb, alatnya fitting lampu dengan sensor cahaya, artinya fitting lampu ini bakal menyalakan atau menghidupkan lampu sesuai intensitas cahaya yg diterima oleh sensor, untuk mengadjust atau mengatur seberapa terang atau gelap cahaya biar lampu hidup atau mati caranya ya cuma mengatur arah alat sensor cahayanya.

Fitting_Lampu_Otomatis_Sensor_Cahaya
gambar : bukalapak.com

akhirnya setelah mendapat pencerahan, mampir ke carefour buat beli ni alat, sengaja beli 2 dlu buat coba, harganya murah 30rb dengan garansi seminggu tukar baru, merknya Kenmaster, untuk merk ini maksimal 60 watt lampu yg terpasang, 2 alat ini satu sy pasang di kamar tidur dengan sensor cahaya sy taruh di sela kisi kisi udara jendela dan satunya lg sy pakai untuk menghidupkan 2 lampu teras rumah yg sy pararel, 2 lampu itu dayanya cuma 10 watt dan 7 watt.

setelah hampir 2 minggu ternyata fitting lampu yg didalam kamar tewas alias error ga mau nyalaian lampu, krn sy coba lampunya masih nyala berarti yg rusak fitingnya, sedangkan yg untuk teras masih berfungsi normal, karena satu rusak kemarin sy belikan merk lain dengan harga 25rb merknya Cosco, untuk merk ini maksimal daya lampu yg terpasang cuma 40 watt, ga ada garansi sama sekali hhe, udah 3 hari ga pulang rumah, belum ngecek error atau masih berfungsi fitting yg baru ini.

tinggal ngakali lampu utk ruang tengah yg sy nyalakan terus, krn masih bingung naruh sensor cahanya, mungkin kabel sensor-nya dipotong dan disambung biar panjang, bisa ga ya ?

selain yang model praktis dengan fitting ini, ada lagi model yg sensor lampu otomatis yg terpisah seperti dipakai untuk sensor lampu penerangan jalan, photocontrols nama dibungkusnya, harganya sekitar 80rb-an yg paling murah, alat ini sedikit kurang praktis karena harus memotong kabel arus listrik yang ke lampu kemudian disambung dengan sensor photocell ini, mungkin yg ruang tengah pakai yg model begini aja ya, dengan memasang sensor-sensor pada lampu begini jg praktis buat yg sering pulang malam dan ga ada yg ngidupin lampu rumah, apalagi bentar lagi lebaran musim mudik, biar makin tenang ga was-was dijalan bisa pasang sensor beginian dirumah yg ditinggal mudik, yang penting pastikan instalasi kabelnya rapi, pke kabel listrik yg bagus dan tidak memasang lampu dengan daya melebihi yg bisa diterima oleh alat-nya.

Advertisements

21 thoughts on “pasang fitting lampu otomatis dengan sensor cahaya, tenang meninggalkan rumah untuk bepergian

      1. andhi_125

        setahun lalu masih 90ribuan kalo gak salah ingat…kalo sekarang kurang tau sih kang
        lumayan, gak usah kuatir kalo ditinggal pergi

        Reply
          1. jahe Post author

            beli di toko alat2 listrik merk dan harga ya tinggal sesuaikan kantong πŸ˜€

        1. jahe Post author

          betul ada harga ada rupa, kemarin nyari ke toko bilang yg rada mahalan ada ga? jawabnya ga ada adanya ya harga2 segitu πŸ˜€

          Reply
  1. Wasli

    Kl qw pernah pake yg ky gt.cma kelemahanya pas mendung psti nyala&cpt rusak.akhirrnya ganti dg stop kontak timer.on/off bsa kita set berdasarkan jam.kalo bwt kmr mandi pake saklar sensor pir.saklar lampu ditmpt qw dah ngak kepake….hehehehe….

    Reply
    1. jahe Post author

      sensor pir? sensor apa tuh? apa sensor yg deteksi klo ada orang lampu langsung nyala gt ?

      stok kontak timer mahal kan ya ? πŸ˜€

      Reply
      1. Wasli

        Yap….kl stop contak timer harga 80rb yg digital merk kitani.bsa di set 8program.kl yg analog pake yg 24 jam harga 60rb merk kitani jg,fungsi sma.

        Reply
        1. jahe Post author

          kalau yg analog listrik mati, timernya ngaco ya? kalau digital kan ada batterynya

          Reply
  2. prabowo

    kalau dipotong malah ga bisa hidup, kalau fitting yang model begini cuma bisa buat 1 lampu, saya biasa pakai yg mutus aliran listriknya, jadi bisa diatur berapa lampu yg mau di setting biar lebih hemat, harganya sekitar 40rb.Awet, hampir setahun ga mati-2.

    Reply
  3. ruangserbaguna

    Mas, saya pernah beli 2 buah. Sy cobain di teras, eh malah kerlap kerlip. Saat lampu mati, sensor menganggap gelap, lampu otomatis nyala. Saat lampu nyala, sensor menganggap ada cahaya (terang), lampu jadi mati. Gitu aja terus kerlap kerlip sampe cahaya matahari muncul. Sensor udah saya arahkan ke segala arah.

    Reply
  4. BERNARD:

    @ruangserbaguna: solusinya, potong kabel, kasih perpanjangan taruh yang agak jauh, beres

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *