akhirnya terbebas dari Google Sandbox

By | May 19, 2014

beberapa waktu lalu blog ini secara tiba-tiba kehilangan trafic yg cukup drastis, setelah googling sana-sini sepertinya blog ini terkena algoritma Google Panda / Pinguin sehingga blog masuk dalam Google Sandbox, secara gampangnya kalau blog kita kehilangan visitor dalam 1-3hari drop secara signifikan itu salah satu indikasi bahwa blog kita masuk ke Sandbox, kalau penasaran pengen cek secara valid bisa pake tools yg disediakan salah satu web atau klo mau gampang ‘puasa’ postingan dulu 3-4hari dan tanpa jemur link? lihat statistiknya apakah naik, stabil atau malah drop.

trus bagaimana caranya biar bisa keluar dari jerat Google Sandbox? beberapa hal ini yg saya lakukan dan akhirnya trafic blog ini kembali ke normal bahkan pada saat idle tidak ada postinganpun visitornya lebih banyak drpd dulu sebelum masuk Sandbox.

beberapa hal yg sy lakukan saat blog ini terkena Google Sandbox :
1. tenang πŸ˜€
2. stop menjemur link dimanapun, karena mesin pencari jaman sekarang membenci hal seperti ini karena dianggap sampam/spam.
3. tetap membuat postingan seperti biasa.
4. kurangi tags yg terlalu banyak dan tidak sesuai konten postingan.
5. nonaktifkan/hapus postingan2 yg berisi copasan dr web/blog lain.
6. jika menggunakan SEO Optimization hapus atau nonaktifkan dulu.
7. Ganti themes yg digunakan pada blog.
8. Ganti tagline pada header blog.
9. submit ulang blog kita di Google Webmaster Tools atau Bing Webmaster Tools
10. sabar menunggu trafic pulih, dalam kasus sy 3 hari setelah kejadian dan sy proses dgn langkah diatas, blog sudah pulih traficnya

selamat mencoba πŸ˜€

8 thoughts on “akhirnya terbebas dari Google Sandbox

    1. jahe Post author

      kalau sudah dapat kode verifikasi dari Google atau Bing , tinggal masukkan saja di wp-nya, caranya klik Tools – Website Verification Services, masukkan kode verifikasi yg diapit tanda kutip setelah tag content πŸ˜€

      setelah itu klik Verifikasi di halaman Google atau Bing Webmaster Tools-nya

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *