meski ini masih seminggu bulan Ramadhan, untuk menyambut moment lebaran beberapa hal sudah harus disiapkan, terlebih yg mempunyai kebiasaan mudik, khususnya yg mudiknya bergerak di seputaran Pulau Jawa, biasanya ya arah jakarta ke Jawa Tengah dan Jawa Timur.

untuk yg sudah jauh2 hari mendapatkan tiket kereta api atau pesawat terbang untuk mudik, tidak perlu risau lagi tentunya tinggal bawa badan dan uang buat bagi2 ntar di kampung haha, tapi bagi yg mudiknya ntar via kendaraan pribadi atau bus via Pantura, harus banyak persiapan :D, seperti memilih rute dan waktu perjalanan biar terhindar dari kemacetan panjang.

untuk Pantura sendiri H-30 lebaran ini semua perbaikan jalan di jalan utama sudah distop, terbukti perbaikan jalan Semarang – Demak yg belum selesai dan kemarin aspalnya dikeruk sudah dihentikan, untuk sementara aspal yg dikeruk sudah dilapis dgn aspal baru sehingga diharapkan tidak membahayakan.

“Dari jalan, H-30 itu pekerjaan besar terkait perbaikan jalan, bukan hanya Pantura harus bisa diselesaikan,” kata pria yang akrab disapa CT tersebut usai rakor persiapan puasa dan lebaran di Kementerian Perdagangan, Jakarta

source : finance.detik.com/

“Baik jalan nasional sepanjang 1.390,571 km, maupun jalur Provinsi sepanjang 2.565,621 km. Hal itu untuk memperlancar arus kendaraan yang menuju Jawa Tengah, baik melalui jalur Pantura, jalur tengah, dan jalur selatan,” terangnya, Minggu 7 Juli 2014. “Pekerjaan akan dilanjutkan kembali pada H+10 Lebaran di mana arus balik pemudik telah surut.”, Kepala Dinas Bina Marga Jawa Tengah, Bambang NK

source : news.viva.co.id

oh iya untuk kendaraan2 besar semacam truk2 berat dan sejenisnya ternyata tahun ini mulai stop operasi di H-4, berbeda dengan tahun2 sebelumnya yg sudah mulai stop pada h-7, cmiiw, truk atau armada angkutan yg masih beroperasi adalah angkutan sembako dan distribusi BBM.

sedangkan untuk perbaikan beberapa jalan alternatif masih dilaksanakan, seperti jalan penghubung antara Magelang dgn Purworejo sedang dalam proses aspal ulang, oh ya menurut data2 yg dipublikasikan tahun ini bakal terjadi peningkatan arus mudik khususnya via kendaraan pribadi, so tetap hati-hati dijalan!

dan untuk para mudiker yg melewati Jawa Tengah, berikut daerah yg rawan macet saat mudik nanti :

Jalur Pantura
1. Jalan Pantura Desa Sidoharjo, Surodadi (Kabupaten Tegal)
2. Jalan Lingkar Kaliwungu (Kendal)
3. Jalan Soekarno Hatta (Kendal)
4. Kluwut, Bulakamba, (Brebes)
5. Depan SPBU Kaligangsa (Kota Tegal)
6. Jalan Siliwangi s/d Jalan Walisongo (Semarang)
7. Jalan R Agil Kusumadya KM1 (Kudus)
8. Perbaikan jalan Pati-Kudus

Jalur Tengah
1. Jalan Raya Ajibarang-Purwokerto
2. Jalan Raya Bawang-Gumiwang-Banjarnegara
3. Karangjati-Ngobo-Jalan Soekarno Hatta Bergas
4. Depan Coca-Cola Jalan Soekarno Hatta Bawen
5. Jalan Purwodadi-Kudus
6. Jalan Bambang Sugeng Wonosobo
7. Jalan Purwodadi-Semarang
8. Jalan Purwodadi-Solo
9. Jalan Purwodadi-Blora
10. Jalan Blora-Kunduran
11. Jalan Cepu-Sulur

Jalur Selatan
1. Desa Jeruklegi-Jeruklegi (Banyumas)
2. Desa Adipala Wetan-Adipala (Banyumas)
3. Jalan fly over Palur (Karanganyar)
4. Jalan alternatif Sragen-Tanon
5. Jalan Raya Ajibarang-Purwokerto
6. Desa Kedung Wateng, Bener (Purworejo)
7. Jembatan Miri Kismantoro (Wonogiri)
8. Desa Nglarangan, Kramat (Karanganyar)

sumber : news.viva.co.id

Advertisements