Mudik 2014 : pengalihan arus dari Pantura, Jalur Selatan padat!

By | July 20, 2014

efek dari ambrolnya jembatan Comal di Pemalang, yg merupakan jembatan di jalur utama Pantura, kendaraan dialihkan melalui jalur lintas selatan jawa, krn di Pantura pun padat macet parah krn kendaraan harus antri melalui jalur alternatif yg merupakan jalan kampung dgn kondisi sempit dan jalan yg kurang bagus.

dan jalur lintas selatan pun menjadi penuh dgn truk2 besar, truk kontainer, truk gandeng yg membuat jalan raya menjadi padat dan lali lintas tersendat krn kendaraan2 harus berjalan pelan, apalagi sebagian besar jalan lintas selatan masih 2 jalur, sehingga untuk mendahului truk2 beaar itu jg kesulitan.

kemarin sy pulang ke kebumen dari ungaran semarang-pun lalu lintas padat sekali, bahkan di jalur tengah perbukitan magelang-purworejo yg biasa lenggang ternyata krmn sampe macet panjang krn antrian truk2 besar yg pelan2 menanjak dan belok di tikungan2 tajam krn harus mengambil ancang2 maka kendaran2 lain harus antri serta mengalah.

informasi dr teman2 jg, jogja – solo jalur ikut padat dgn truk2 besar jg, komplitlah truk2 besar dgn truk2 engkel yg bawa material berjalan pelan bak keong, tidak separah di jalur selatan tp.tetap padat krn jalan nya disini sudah 4 lajur.

Adanya pengalihan arus kendaraan dari jalur Pantura ke jalur Selatan pasca amblesnya jembatan Comal di Pemalang. Personel Satlantas Polres Banyumas, Jawa Tengah Sabtu (19/7/2014) disiagakan di sejumlah titik di jalan penghubung jalur pantura menuju jalur tengah hingga jalur selatan Jateng mulai dari Pekuncen, Ajibarang, Wangon, Rawalo, Buntu, Sumpiuh, hingga Tambak guna mengantisipasi kemacetan yang ditimbulkan akibat banyaknya volume kendaraan yang melintas.

“Saya juga selalu kontak dengan Kasatlantas Polres Brebes, sehingga kalau memang ada lonjakan volume kendaraan, kami sudah siap di jalur selatan,” kata Kasat Lantas Polres Banyumas, AKP Ihram Kustarto.

Menurut dia, berdasarkan informasi dari jalur pantura saat ini terjadi kemacetan yang cukup panjang imbas dari Jembatan Comal belum bisa digunakan, sehingga arus kendaraan dialihkan melalui jalur selatan Jateng.

Pihaknya sedang melakukan persiapan dengan menyiagakan personel Satlantas Polres Banyumas guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya peningkatan volume kendaraan yang melintas di jalur tengah maupun jalur selatan Jateng.

“Alhamdulillah hingga saat ini, arus kendaraan yang melintas di wilayah Banyumas masih terlihat landai,” ujarnya.

Berdasarkan informasi, arus kendaraan yang melintas di jalur tengah yang menghubungkan antara jalur pantura menuju jalur selatan Jateng terutama di ruas Prupuk-Bumiayu mengalami kemacetan parah pada Sabtu malam. Namun setelah keluar dari Jalan Lingkar Bumiayu, Kabupaten Brebes, arus kendaraan dapat berjalan dengan lancar.

Selain itu, kendaraan yang melintas jalur alternatif Pejagan, Kabupaten Brebes, menuju Klonengan, Kabupaten Tegal, tidak bisa bergerak dan dipadati truk.

Sementara menurut seorang warga Tegal, Mulyadi menginformasikan jika arus kendaraan dari arah Tegal menuju Purwokerto mengalami kemacetan parah. “Arus kendaraan ke jalur selatan macet parah, jalur Pantura kacau,” ujarnya melalui pesan singkat kepada wartawan.

Posted from rmckrm android

5 thoughts on “Mudik 2014 : pengalihan arus dari Pantura, Jalur Selatan padat!

    1. jahe Post author

      yoi mbah, jembatan yg bisa dilalui aja cuma 1 rencananya, yg katanya siap di H-3, sekarang ambles parah yg satu-nya, hanya mobil kecil.dan motor yg boleh lewat itu aja pasti bottle neck lalu lintasnya

      apa lewat daendels ae, sambil.ngetes keampuhan blazer dijalan yg tambal sulam

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *