Mudik 2014 : Jembatan Comal Pantura sudah bisa dilalui, Jembatan Ciamis rusak Jalur Lintas Selatan dialihkan

By | July 24, 2014

Jembatan Comal Pemalang yg beberapa hari membuat lalu lintas di Pantura lumpuh total, bahkan macetnya kendaraan sampai ke Nagreg , sudah dilakukan perbaikan secara maraton akhirnya mulai malam tadi sudah dapat dilalui, dari dua jembatan yg ada hanya satu jembatan yg bisa digunakan sehingga kawasan ini rawan bottle neck, karena penyempitan jalur kendaraan.

untuk kendaraan yg boleh melintas tetap kendaraan kecil saja, mobil pribadi, sepeda motor, bus serta kendaraan dgn tonase dibawah 10 ton, satu jembatan ini akan menampung dua arus kendaraan dari arah yg berlawanan, arah jakarta dan arah semarang, info terakhir yg sy dpat meskipun sudah dibuka tetap ada kemacetan karena terjadi bottle neck kendaraan yg antri melalui jembatan ini

Saat ini, lalu lintas di sekitar Jembatan Comal padat. Semua kendaraan di sekitar jembatan tersebut tak bergerak sama sekali. Menteri Pekerjaan Umum mengatakan, jika uji teknis ini tidak baik, jembatan Comal akan ditutup kembali.

Sebelumnya, untuk mencegah penumpukan kendaraan semakin parah, petugas mengarahkan kendaraan pribadi dan sepeda motor menggunakan sejumlah jalur alternatif. Sayangnya, kondisi sejumlah jalur alternatif rusak, masih dalam perbaikan, dan minim penerangan jalan.

Jembatan Babakan di Kecamatan Ketanggungan dan jembatan Talangponcong di Brebes, misalnya, rawan rusak jika beban kendaraan yang menumpuk terlalu berat.

Sementara ruas jalan di jalur Pekuncen-Legok-Pasiraman-Kalisasri-Cilongok saat ini masih dalam proses peninggian jalan.

Beberapa jalur alternatif lain yang dapat dilalui dari Purwokerto arah Yogyakarta adalah Gunung Tugel-Banyumas-Kemranjen-Kebumen. Untuk menghindari kemacetan di jalur selatan Cilacap, pengendara dapat melintasi jalur Rawalo-Patikraja-Kalibagor-Banyumas-Buntu-Kebumen.

Pemudik juga disarankan melalui jalur tengah Purwokerto-Purbalingga-Banjarnegara- Wonosobo-Temanggung-Bawen- Salatiga-Solo.

Pemudik yang melintasi jalur selatan dan sampai di Gombong, Kebumen, disarankan menghindari jalur utama Kebumen-Purworejo.

Jalur alternatif yang dapat dilalui antara lain Rowokele-simpang tiga Sangkal Putung-Buayan-Kuwarasan-Jalan Lintas Selatan-Selatan (JLSS)-Purworejo atau melalui simpang tiga Guyangan ke selatan melalui Adimulyo-Petanahan-JLSS-Purworejo.

Pemudik dari arah Kroya menuju Yogyakarta dapat mengambil jalur alternatif melalui Nusawungu-Pantai Ayah-JLSS-Purworejo. Jalur ini melintasi perbukitan kapur yang curam dan menukik.

source : tribunnews.com

sedangkan untuk dijalur selatan jg ada pengalihan arus dikarenakan ada jembatan yg rusak lagi, karena tidak kuat menampung luapan kendaraan dari Pantura.

Fondasi jembatan Sungai Cibaruyan di Kampung Cianda, Desa Sukahaji, Kecamatan Cihaurbeti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ambrol, Kamis dinihari, 24 Juli 2014. Akibatnya, jalur mudik utama wilayah selatan Jawa dialihkan melalui Kota Tasikmalaya karena aspal jalan di lokasi kejadian sudah menggantung. (Baca: Jalur Selatan Bakal Kelebihan Kapasitas)

“Ketemu jam 01.00 WIB, saat itu ada laporan dari pihak PLN yang tiang listriknya hampir roboh karena ikut terbawa longsor,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Ciamis, Aef Saefulloh saat ditemui di lokasi kejadian, Kamis. (Baca:Ratusan Polisi Kawal Jalur Cileunyi-Nagreg)

Aef menduga ambrolnya jembatan karena fondasi terkikis arus sungai yang sangat deras. Kebetulan, kata dia, di hulu sungai terjadi banjir karena terus diguyur hujan. “Hujan terus mengguyur,” kata dia.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Ciamis, Ajun Komisaris Yudi Sadikin menjelaskan, pihaknya terpaksa menutup total jalur utama selatan ini. “Ini sudah membahayakan, aspal sudah ngegantung penahannya sudah tidak ada. Ditutup untuk mengantisipasi timbulnya korban jiwa,” terang dia.

Jalur mudik dari arah Bandung, dia menjelaskan, dialihkan dari Rajapolah belok kanan menuju Kota Tasikmalaya, kemudian tembus di Sindangkasih. Dari arah Ciamis atau Jawa Tengah, jalur dibelokan ke kiri di Sindangkasih menuju Kota Tasikmalaya.

sumber : tempo.co

About these ads

4 thoughts on “Mudik 2014 : Jembatan Comal Pantura sudah bisa dilalui, Jembatan Ciamis rusak Jalur Lintas Selatan dialihkan

  1. cbsf lemot

    tuku prahu karet ae….cemplungne laut…tanggung lancar….tp tengah laut ga ada spbu ya? macet maning son…

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *