bakdo kupat, lebaran ketupat

By | August 3, 2014

bakdo kupat atau lebaran ketupat merupakan salah satu tradisi di sekitaran jawa tengah dan jawa timur, dilaksanakan setelah hari ketujuh lebaran idul fitri, atau hari ketujuh bulan syawal.

kenapa dinamakan lebaran ketupat? ya karena pada hari ini menu masakannya serba ketupat, hehe dari lauk pendukung nya seperti opor ayam, sambal goreng kentang atau tahu yg dicampur dengan brabasan/cecek, sambal.goreng ati dll


ditemani emping, krupuk udangbatau krupu merah hmmmm maknyussss, *ready to kolesterol pokoknya πŸ‘Ώ

image

*sarapan hari ini, ketupat mix match, haha

ditempat orang tua sy, di pinggiran Solo tradisi ini masih ada meski sekarang sudah bergeser sedikit, apa aja yg berubah? dulu ketupatnya bikin sendiri, janur/dahan pohon kelapa pun metik sendiri di pohon kelapa di kebun simbah, kalau sekarang sih bikin ketupat tidak banyak yg bisa, sy pun tidak bisa πŸ˜†

jadinya ketupat beli jadi, nanti dimasak sendiri, cara masak ketupat diisi dengan beras kemudian dimasukkan dandang dan dimasak diatas tungku atau kompor dgn api sedang, kalau simbah sy tradisi untuk bancakan ketupat jg masih melakukan yaitu mengumpulkan anak2 kecil tetangga dirumah lalu bagi2 ketupat yg sudah dimasak, kalau tahun lalu sih masih ada tradisi saling antar ketupat di sekitaran rumah/tetangga, tapi seiring makin berkurangnya simbah2 di lingkungan sy, tradisi ini jg mulai terlupakan πŸ™

Arti Kata Ketupat.
Dalam filosofi jawa, ketupat lebaran bukanlah sekedar hidangan khas hari raya lebaran. Ketupat memiliki makna khusus. Ketupat atau kupat dalam bahasa jawa merupakan kependekan dari Ngaku Lepat dan Laku Papat.
Ngaku lepat artinya mengakui kesalahan.
Laku papat artinya empat tindakan.

Ngaku Lepat.
Tradisi sungkeman menjadi implementasi ngaku lepat (mengakui kesalahan) bagi orang jawa.
Prosesi sungkeman yakni bersimpuh di hadapan orang tua seraya memohon ampun, dan ini masih membudaya hingga kini.
Sungkeman mengajarkan pentingnya menghormati orang tua, bersikap rendah hati, memohon keikhlasan dan ampunan dari orang lain, khusunya orang tua.

Laku Papat.
Laku papat artinya empat tindakan dalam perayaan Lebaran.
Empat tindakan tersebut adalah:
1. Lebaran.
2. Luberan.
3. Leburan.
4. Laburan.

Arti Lebaran, Luberan, Leburan dan Laburan.
Lebaran.
Lebaran bermakna usai, menandakan berakhirnya waktu puasa. Berasal dari kata lebar yang artinya pintu ampunan telah terbuka lebar.

Luberan.
Bermakna meluber atau melimpah. Sebagai simbol ajaran bersedekah untuk kaum miskin.
Pengeluaran zakat fitrah menjelang lebaran pun selain menjadi ritual yang wajib dilakukan umat islam, juga menjadi wujud kepedulian kepada sesama manusia.

Leburan.
Maknanya adalah habis dan melebur.
Maksudnya pada momen lebaran, dosa dan kesalahan kita akan melebur habis karena setiap umat islam dituntut untuk saling memaafkan satu sama lain.

Laburan.
Berasal dari kata labur atau kapur.
Kapur adalah zat yang biasa digunakan untuk penjernih air maupun poemutih dinding.
Maksudnya supaya manusia selalu menjaga kesucian lahir dan batin satu sama lain.

cmiiw, perhatikan kolesterolmu! πŸ˜€

Posted from rmckrm android

One thought on “bakdo kupat, lebaran ketupat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *