Nostalgia jalur Juwangi, jalur alternatif mudik Demak – Solo

By | October 14, 2014

minggu kemarin kebetulan SIM sudah hampir expired, jadinya mau tidak mau harus meluangkan waktu pulang ke Solo utk memperpanjang SIM C, seperti biasa bawa motor yg sebenarnya tidak dalam kondisi 100% motornya, berangkat dari Demak menuju Solo pagi hari, melalui jalan Demak – Purwodadi – mlipir sedikit lewat jalur Waduk Kedungombo tembus Sumberlawang, meski pagi di jalan yg pas hutan2 purwodadi sudah cukup ramai dengan rombongan truk-truk yg berjalan pelan beriring seperti biasa menjadi backmarker lambatnya laju lalu lintas, cukup capek jalan pelan dan ngantri di belakang truk truk

oh iya perpanjang SIM C ngurus sendiri ga sampe sejam rampung, biaya perpanjangan SIM C kena 100rb saja, kabarnya tahun depan bakal naik 2xlipat ya biayanya, habis selesai ngurus sim istirahat dirumah ortu dlu, tapi krn sepi dirumah akhirnya abis dhuhur memutuskan buat balik ke Demak saja, haha pas lagi lucu-lucunya matahari tuh, panassss buanggettt πŸ˜€

karena males kalau lewat jalur utama Solo-Purwodadi yg sudah pasti bakal tersendat akhirnya sy putuskan lewat jalan Gemolong – Kemusu – Juwangi tembus Godong, sebenarnya duluuuu banget ini merupakan jalan yg cukup familiar krn salah satu kantor unit perusahaan sy dulu kerja ada di Juwangi, ya udah akhirnya fix lewat jalan ini, betul perkiraan sy lalu intas cukup sepi, dlu kalau menangani troubleshooting sistem di kantor unit sebisa mungkin selesai sebelum ashar krn kalau sudah sore makin suepppiiii, klo kemalaman ya sudah penerangan hanya mengandalkan sinar rembulan dan lampu kendaraan, seremmm lah malem2 sendirian lewat hutan2 begini xixixi

kondisi jalan-nya saat ini bisa dikatakan rusak, kalau motor sih mending masih bisa melipir pilih2 jalan tapi kalau bawa mobil ya siap-siap mentul2 didalam kabin :D, oh iya melalui jalur ini perjalanan Solo – Demak bisa lebih pendek lho jaraknya, melihat tripmeter di NMP kalau lewat jalur Solo – Purwodadi bisa 92 KM-an tp klo lewat sini bisa 82Km-an cmiiw, rekor sy Solo – Demak via jalan ini 1.5jam tanpa istirahat ya, klo lewat jalur utama Purwodadi jg 1.5jam sih rekor sy tp khusus start subuh klo sudah kesiangan ya paling cepet 2jam itu jg ngebut, kalau santai ya lebih lagi waktu tempuhnya bisa sampai 3 jam, karena jalan ramai dan banyak hambatan truk-truk jadi jalannya tidak bisa bebas.

meski jalur jalan Solo – Gemolong – Kemusu – Juwangi – Godong kondisinya tidak begitu baik tapi karena lalu lintasnya sepiii jadi ya bisa cepat sampai, tidak ada kemacetan, tidak ada lampu lalu lintas, tinggal gas aja, hehe

Jembatan Kemusu Juwangi

IMG_3227

salah satu ‘landmark’ terbaik di jalur ini, salah satu jembatan paling panjang di Kabupaten Boyolali, namanya Jembatan Dowo, tampak sungai di bawahnya air-nya kering, sebagian area yg biasanya terendam air digunakan utk bercocok tanam, karena kemarau panjang tahun ini, sungai ini masih masuk dalam teritorial Waduk Kedungombo

IMG_3239
mulai masuk hutan, jalannya di cor, sedikit jalan yg beraspal, mungkin 50:50-lah antara yg rusak dan jalan yg kondisinya lumayan

kebakaran hutan akibat kemarau

karena kemarau dan panas yg menyengat, sepanjang daerah ini banyak sy temui pohon2 dan ilalang yg terbakar

jalanan rusak kemusu juwangi boyolali

didepan sy adalah pertigaan jalan, kalau lurus menuju Juwangi kalau belok kiri menuju Karanggede Boyolali.

kondisi jalan hutan

kondisi jalan kurang lebihnya seperti ini, semi offroad πŸ˜€

petunjuk arah jalan

kemarin waktu tempuh via jalur ini cukup molor karena sy berhenti poto2, masih ditambah istirahat plus ngadem di indomart Juwangi cukup lama, panasnyyyyyy ampun dah πŸ˜€

18 thoughts on “Nostalgia jalur Juwangi, jalur alternatif mudik Demak – Solo

  1. hoho

    yang sebelum pertigaan kalau lurus ke juwangi, kekiri ke karang gede ini kan ada jembatan mas, udah jadi ya? dulu lewat pas jembatannya putus, akhirnya putar balik, untung saya dari arah juwangi, jadi putarbaliknya dikit…

    Reply
  2. Trisz Lee

    Wuih manteepp om, gak mampir om di desa ku kelurahan sambeng, klo dari arah karang gede/boyoali sebelum jembatan layang yang di foto terakhir om jahe…… maaf yo om telat baca n komen salam kenal arek juwangi πŸ˜€

    Reply
  3. Sayoto Makarim

    WALAH MAS JALAN JUWANGI KE ARAH SELATAN SAMPAI KEMUSU KIRA2 18 KM RUUUSSSSAAAAK PARAH KHAN TAPI KRN PENGIN JARAK PENDEK TDK MACET YA ITU ALTERNATIFNYA. MUDAH-MUDAHAN DPRD II BOOYOLALI “KELINGAN” JANJINE KETIKA KAMPANYE DULU ITU LHO ………TERNYATA HANYA ANGIN SURGA SAJA. MALU DONG DENGAN DAERAH-DAERAH LAINYA. DULU RAME BUS JUWANGI-SOLO, JUWANGI BOYOLALI. MANA SEKARANG

    Reply
    1. jahe Post author

      bener mas sy ya pernah ngalami jalan boyolali – juwangi lumayan bagus sekarang waduhhhhh, apalagi jalan juwangi sumberlawang via kedungombo wis lebih parah lagi

      Reply
  4. wong jwg nang sby

    Juwangi tetap spt dulu, sejak lahir sampe sekarang(40th) jalan aksesnya nggak pernah baik, smg cpat ada perubahan.

    Reply
    1. jahe Post author

      terakhir lewat makin parah mas,, kurang diperhatikan padahal sebenarnya jalan pintas ke pantura lho

      Reply
  5. gopar

    kalo dari cepresan arah kemusu jalan sdh lumayan rata2 di cor.saya 2 bulan lalu lewat situ sebelum juwangi belok kanan arah kedungombo.kalo yg arah ke kedungombo jalannya parah.cm pas dari pintu keluar kedungombo arah sumberlawang ada pekerjaan pengecoran jalan katanya mau di teruskan sampe juwangi.

    Reply
  6. sulis gopar

    kalo boleh tau demaknya mana mas? kalo bude saya di desa suko kec.kebon agung.o ya mas jahe kalo mgkn tau tolong infokan ttg kondisi jalan dari godong-juwangi krn saya pengen ke demak via juwangi utk menghindari lalu lintas ramai.

    Reply
  7. aan

    Wah, baru hari ini rasa penasaran saya dgn “juwangi” terobati oom, dari klaten – kartasura – bandara – nogosari – kacangan – cepresan – kemusu – juwangi, pp. Rasane kog koyo ra tekan2 pas mangkate…
    Pas lewat kretek dowo, air kedungombo level tinggi, mepet jembatan. Ketemu landmark kaya tower radio ketika masuk kecamatan juwangi (itu buat apa yo).
    Bablas ngalor lewat “flyover”, lurus naik palang rel & makcling…juwangi..(nekatmen dolanku)
    RehΓ t sebentat dluhuran, langsung otw balik lagi, dgn medan semi offroad, pohon2 ga sekering pas njenengan jalan ini,
    Lain kali pengen sampai godong, atao kebarat njedul sla3..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *