kecelakaan tunggal, BPJS menanggung biaya perawatannya ga sih?

By | November 14, 2014

menyambung postingan kemarin soal kecelakaan dijalan raya, kali ini mengenai kecelakaan tunggal, banyak yg masih bingung sebenarnya kecelakaan tunggal itu ada yg menyantuni alias membayar biaya perawatan selama di RS ga sih? sebenarnya ada kriteria dasar kecelakaan itu ditanggung atau tidak, yaitu kecelakaan tidak terjadi karena kesengajaan, misalnya percobaan bunuh diri, atau sedang mabuk-mabukan atau dalam pengaruh narkoba.

untuk kecelakaan tunggal tapi saat sedang dalam angkutan umum yang berijin, korban mendapatkan santunan dari pihak Jasa Raharja, jadi kalau naik ojek trus jatuh sendiri ya tidak dapat asuransi kecelakaan :D, sedangkan untuk kecelakaan tunggal dengan kendaraan pribadi, angkutan umum tidak berijin, dll pihak Jasa Raharja tidak menanggung, krn salah satu kriteria kecelakaan yg berikan asuransi kecelakaan adalah kecelakaan yg melibatkan 2 pihak atau lebih.

tetapi untuk pemegang kartu BPJS, menurut seorang teman sy yg bekerja di BPJS, kecelakaan tunggal ini tercover oleh kartu BPJS, apalagi soal kecelakaan pastinya urgent dan emergency, yg sy baca di media online jg begitu BPJS (BPJS Kesehatan atau BPJS Ketenagakerjaan) menanggung biaya perawatan korban kecelakaan tunggal, apabila ada RS yg menolak korban kecelakaan tunggal menggunakan fasilitas BPJS sebaiknya dikonfirmasi ulang ke petugas yg bersangkutan, jika masih tetap tidak menemukan jalan keluar untuk segera melaporkan ke pusat pengaduan pelayanan BPJS, bisa mengubungi kantor cabang BPJS terdekat atau call center BPJS 500400, menurut info yg sy dapat pengaduan ke call center BPJS dalam 1 hari sudah bisa terdisposisi/diteruskan ke kantor cabang BPJS dimana permasalahan itu ada.

Korban lakalantas yang ditanggung BPJS, apabila terjadi kecelakaan tunggal. Hal itu menghindari duplikasi pembiayaan oleh asuransi kesehatan.

sumber : www.purworejokab.go.id

sebenarnya ada point satu lagi, kecelakaan tunggal yg diakibatkan kerusakan jalan atau infrastruktur dalam dalam UU 22 Tahun 2009, tentang lalulintas dan angkutan jalan telah mengatur secara jelas. Jika jalan rusak, dan terjadi kecelakaan lalu lintas, maka Kementerian PU dan dinas teknis di provinsi dan kabupaten bertanggungjawab, tapi sampai saat ini sy belum mengetahui persis apakah ini telah dilaksanakan atau belum.

cmiiw, koreksi jika sy salah 😀

About these ads

6 thoughts on “kecelakaan tunggal, BPJS menanggung biaya perawatannya ga sih?

  1. st3v4nt

    Yang terakhir perlu dibuat preseden tuh supaya jalan rusak gak dianggep sepele sama pemda dan pempus….

    Reply
  2. yogik

    memang Bener, kecelakaan tunggal si Korban, tercover bpjs tetapi dr pihak rumah sakit kebetulan saat ini bapak angkat saya di rawat di Rumah Sakit Bakti Darma Husada ( BDH ) pakal surabaya.
    to dr petugas RS meminta kekami surat keterangan dr kepolisian sebagai salah satu syarat kleim biaya ke BPJS
    Malah itu yg membuat Kami berselisih paham/ pengertian
    kan Kami kecelakaan tunggal knp musti minta surat keterangan kecelakaan dr kepolisian….?
    sampai dimana hubunganya ?
    saya malah Jd pessimist Kalo nantinya di Kantor kepolisian malah Jd seperti sapi mengo…di pimpong oleh petugas sana sini aparat pelaksana pelayanan masyarakat…

    kampret

    Reply
    1. eri

      Pa yogi persis seperti yg saya alami
      Knapa mesti ada keterangan polisi ?padahal kecelakaan nya bukan dijalan raya
      Sungguh ribet

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *