kenapa sih sekarang jalan lebih banyak di cor beton daripada aspal?

By | November 16, 2014

iseng-iseng memperhatikan akhir-akhir ini hampir 70% jalan yg sy lalu utk bekerja mayoritas sudah selesai diperbaiki, jalan jalan aspal yg berlubang dikeruk dan diberi lapisan baru berupa cor beton, kadang jg mikir kenapa sih harus cor beton, sedangkan dgn jalan jenis ini motor rasanya kurang smooth jalannya, apalagi dijalan2 alternatif beton-nya tidak halus cenderung kasar, keliatannya saja jalan tidak berlubang tapi pas buat lewat dgn kendaraan sungguh tdk nyaman.

meski begitu untuk jalan jalan utama yg dibeton seperti pantura biasanya kualitasnya lebih bagus, terlihat halus dan meski tidak senyaman melalui jalan aspal tp masih bisa ditolerir lah, tidak begitu bikin kendaraan ajrut ajrutan.

sebenarnya banyak yg mengeluhkan pengecoran beton jalan raya salah satunya krn bikin boros ban kendaraan, selain itu menurut sy lewat jalan yg dicor itu kesannya kok gersang dan tidak teduh ya, mungkin efek warna semen cor-nya, misal jalan beton itu berwarna hitam seperti aspal.mungkin lain rasa ya hehe

kelebihan jalan beton sih memang lebih tahan air dan genangan, sanggup menahan beban kendaraan berat yg melintas, (katanya) biaya maintenance jalan beton lebih murah dibanding aspal, jalan beton jg dapat digunakan pada struktur tanah lemah tanpa perlu perbaikan struktur tanahnya terlebih dahulu, sering jg cuma konstruksi jalan yg lama diratakan lalu diatasnya ditumpangi struktur beton yg baru.

oh ya proses pengeringan pada jalan beton jg salah satu point penting utk menentukan kualitas jalan beton, yg sy baca butuh 28 hari agar jalan beton bisa kering sempurna dan mencapai 100% kekuatannya, cmiiw, terlalu cepat kering tidak baik jg ternyata krn bisa bikin beton cepat retak, makanya kadang pada proses pengeringan sering ditutup kain basah kan jalan beton-nya.

untuk kehalusan serta kerataan jalan beton sangat ditentukan pada saat proses pengecoran sehingga diperlukan quality control yg bagus.

untuk masalah perbandingan biaya sih tergantung dimana jalan itu akan dibangun dan sejauh mana beban jalan itu kelak digunakan, bisa lebih murah jalan aspal kalau lalu lintas jalannya ringan dan sebaliknya, tapi kalau biaya bangunnya murah tp perawatan mahal ya sami mawon wkwkw

menurut yg sy baca jalan aspal di Indonesia itu sudah bagus cuma jadi sering rusak krn drainase-nya jelek, jalan aspal memang tdk tahan air, tapi di banyak tempat jalan aspal dgn drainase bagus meski dilewati kendaraan berat tetap awet-awet saja ya.

cmiiw , berbagai sumber googling πŸ˜€

Posted from rmckrm android

Advertisements

9 thoughts on “kenapa sih sekarang jalan lebih banyak di cor beton daripada aspal?

    1. jahe Post author

      bisa dilapisi sama aspal tapi kan 2x biaya plus kalau lapisan aspal cuma tipis cepet ngelupas, lha perpaduan beton diatasnya ada aspal yg mengelupas sama saja dgn jalan berlubang rasanya hehe, di beberapa titik di jalan puwrwodadi – semarang seperti itu rasane ga karuan meski tidak berlubang tp bikin kendaraan ajrut2an banget πŸ˜€

      Reply
  1. st3v4nt

    Jalan aspal tidak tahan beban berat berlebih, terutama di Pantura yg trucknya selalu overload bisa diliat kalau dekat perempatan atau TL maka akan timbul gelombang akibat truck yang ngerem sehingga beban di atas jalan bertambah. Masalah jalan di Indonesia adalah banyak yang base/pondasinya tidak padat/keras sehingga mau di beton atau di aspal ya sama saja akan ambles…bisa karena sengaja agar proyek ada terus bisa karena tanah dibawahnya ambles.

    Reply
  2. bapakeVALKYLA

    daya cengkeram ban di jalan beton beda. jadi harus ekstra hati-hati kalau belum biasa…
    aku ngerasainnya lebih licin kalau jalan di beton..

    Reply
    1. jahe Post author

      betul, pengambangan ban-ban jg sepertinya masih menggunakan acuan ban untuk aspal πŸ˜€ apa cocoknya pake ban dual road ya hhe

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *