Nokia XL, salah satu pilihan smartphone bekas menarik dengan brand global

By | January 14, 2015

seperti yang kita semua tahu Nokia sebagai produsen handphone memang sudah tamat riwayatnya,tapi beberapa seri produknya memang masih dijual dipasaran, dan kenyataanya diluaran sono masih banyak para die hard fans-nya, salah satuny saya haha meskipun sekarang menggunakan smartphone android merk lain, ngincernya Lumia sih 😀

sebelum akhirnya tutup lapak karena di akuisisi Microsoft, Nokia sempat mengenalkan salah satu jajaran produknya yang menggunakan basis OS Android Jelly Bean, kenapa basis karena memang Nokia mengembangkan sendiri si JB agar sesuai dengan spesifikasi hardware dan rancangan sistem UI mereka sendiri.

image

Android pada Nokia dikenal dengan code name Nokia Platform X v.1, haha ya mentok di versi 1 karena development berakhir seiring diakuisisinya perusahaan, bagi yang dananya cupet tapi pengen move on dari feature phone ke smartphone atau nokia die harder, salah satu pilihan-nya adalah Nokia XL.

Nokia XL mempunyai bentang layar IPS LCD 5inch, dengan desain bodi secara keseluruhan rounded, siluet-nya mengingatkan saya pada iphone, android hybrid dengan MetroUI seperti pada Windows 8 ini dibekali dengan prosesor  qualcomm snapdragon dual core 1ghz, RAM 768mb, memory internal 4GB, GPU adreno 203, dengan spesifikasi seperti ini sudah cukup untuk memenuhi kinerja harian, battery yang disematkan pada Nokia XL adalah 2000mah dengan kinerja yang baik di soal ketahanannya menurut beberapa review yang pernah saya baca, mungkin ini berkaitan dengan OS yang sudah di tune/custom sedemikian rupa.

urusan kamera ada kamera 5 megapiksel di belakang plus led flash serta pendukung selfie kamera depan dengan resolusi 2 megapiksel, desain dan material bodi juga keren khas Nokia meskipun material plastik tapi saat dilihat dan digenggam memang punya feel yang bagus, finishingnya membuat hp ini tidak tampak seperti smartphone murahan.

image

salah satu kekurangan Nokia XL adalah kompatibilitas dengan aplikasi android di googleplay cukup kurang, jadinya mengandalkan pada aplikasi di nokiastore saja, tapi kalau penggunaannya hanya basic seperti sosial media, hiburan dan multi tasking ringan handphone ini masih bisa diandalkan, oh ya karena menggunakan SoC Qualcomm cocok banget untuk yang suka mengandalkan GPS untuk mencari petunjuk arah tempat, lock satelit GPS-nya cepat, ditambahan dukungan Nokia Maps yang memang sudah terkenal kehandalannya.

urusan harga, sebaiknya cari yang kondisi bekas saja, dulu pada waktu awal peluncurannya harganya sekitar Rp. 2jt, sekarang masih ada yg jual baru sekitar 1.7-1.8 klo saya tidak salah, sedangkan harga bekas dengan kondisi baik rata-rata masih diharga Rp. 1.1-1.3 jt

Advertisements

4 thoughts on “Nokia XL, salah satu pilihan smartphone bekas menarik dengan brand global

  1. k5538gl

    saya pake nokia XL sejak juli, sejauh ini sih puas-puas aja. maklum, saya nggak suka oprek android, cuma make saja

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *