ternyata mudah ya ganti minyak rem cakram sendiri

By | March 17, 2015

motor megapro saya sampai sekarang belum pernah sekalipun ganti minyak rem cakram baik depan maupun belakang, sudah hampir 4 tahun haha, sebab musababnya ya karena kinerja rem dirasa masih normal, melihat dari kaca intip di reservoir-pun minyak rem belum sampai di lower level.

setelah ber-googling kesini kesanu akhirnya diputuskan mencoba mengganti minyak rem sendiri saja, kalau dari beberapa referensi yang saya dapat sih mudah, pemasalahan yang timbul kalau salah setting adalah rem cakram ngelos karena masih ada angin.

sebelum memulai praktek beli dulu minyak rem dengan spesifikasi DOT 3, saya beli yang botol medium merk Jumb*, harga sekitar 17rb, soalnya pas percobaan pertama beli oli/minyak rem botol kecil, disamping isinya sedikit, harga mahal 15 ribu 50ml saja, eh pas bleeding atau mengeluarkan udara dari slang rem ehh lha kok kurang hehe ya wis ganti yang gede saja, kemarin saya pakai buat depan dan belakang masih sisa banyak.

langkah mudah ganti minyak rem cakram sendiri ala remcakram 😀
A. menguras minyak rem cakram
1. taruh selang di nipel pembuangan minyak/oli rem pada kaliper, biar minyak rem bekas ga tumpah kemana2 karena muncrat.

image

2. buka tutup reservoir oli rem di master rem.

image

3. kendorkan baut nipel dengan kunci pas/ring ukuran 8.
4. tekan berulang-ulang handle rem sampai minyak rem mengalir terbuang melalui nipel pembuangan yang telah dipasangi slang.
5. kalau di reservoir oli rem sudah kosong serta dirasa minyak sudah tidak keluar…

B. mengganti minyak rem baru
6. tuangkan minyak rem baru pada reservoir, pelan2 saja sampai batas atas.
7. kocok handle rem perlahan berulang-ulang sampai minyak rem yang baru berkurang.
8. perhatikan slang pembuangan yang kita pasang pada nipel, kalau sudah terlihat oli baru keluar, segera kencangkan nipel pembuangan.

C. membuang angin palsu, bleeding agar rem cakram tidak ngelos
9. sampai disini rem cakram belum siap digunakan karena kadang masih ngelos, yang kita lakukan selanjutnya adalah membuang angin atau bleeding. *reservoir oli rem tetap dalam kondisi terbuka*
10. cara bleeding-nya, kocok handle rem beberapa kali setelah itu tahan handle rem, buka baut nipel pembuangan biar angin keluar, 4-7 detik kencangkan lagi baut nipel, ulangi lagi proses ini sampai handle rem terasa keras serta jarak tuas handle rem-nya sesuai keinginan kita, pada proses ini perhatikan ketinggian minyak rem pada resevoir jangan sampai ke lower level, segera tambahkan kalau ada pengurangan.
11. setelah jarak main rem dirasa pas, tutup kembali reservoir minyak rem, cek lagi kekencangan baut nipel pembuangan setelah itu lepaskan slang bantu yang sudah dipasang.

cara diatas bisa diterapkan untuk penggantian oli rem cakram depan maupun belakang, dan jangan lupa siapkan lap basah atau air untuk mengguyur jikalau ada bagian part motor yang terkena cairan minyak rem, soalnya minyak rem bisa merusak cat.

About these ads

13 thoughts on “ternyata mudah ya ganti minyak rem cakram sendiri

    1. jahe Post author

      iya pake dot 3…kalau rem cakram los ya anginnya belum keluar, klo ga beres2 bisa diatasi dengan membuka nipel dan master terus kocok sampe keluar minyaknya sambil dijaga ga abis di reservoir

      Reply
  1. aroel

    thanks gan, infonya bermanfaat banget ane pertama kali ganti oli rem #baru beli senjata kunci pass, dan langsung berhasil,

    tips buat agan agan yang pengen ganti oli rem jangan takut salah karna jika kita takut salah tidak akan ada kemajun di hidup kita, tips lagi kalo udah kuras olirem bekas, bersihkan reservoir dengan kompresor agar tidak ada olirem yang tersisa, kalo yang g ada kompresor bisa juga dengan cara mengisi reservoir dengan hair/air hangat disarankan, karna jika ada olirem bekas di selang ataupun di bagian pengereman manapan itulah yang membuat pengerenan tidak normal seperti los dan handle jadi keras
    dan yang terakhir membuka baut nipel sebaiknya menggunakan kunci pass saja jangqn pake kunci ring ataupun T karna pengalaman saya waktu d gantiin olirem sama bengkel yang g berpengalaman baut nipel patah karena menggunakan kunci T akibatnya bqut yang patah harus dikeluarkan dengan cara di bor agar dapat diganti dengan nipel yang baru

    Reply
  2. restu

    Pengin nannya nih bisa gak kalo kita nyetel rem posisi reservoir masih pake minyak rem yang lama

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *