Minuman energi aman tidak berbahaya jika…

By | April 2, 2015

saat ini beragam merk minuman yang katanya ‘bernergi’ dengan iklan-iklan yang masif di banyak media, hampir semua iklan itu menyampaikan bahwa konsumsi minuman energi akan membawa kebaikan pada orang yang meminumnya, tapi apakah benar demikian?

jangan terjebak dengan bahasa iklan, belum ada penelitian secara ilmiah yang menyatakan bahwa minuman jenis ini mempunyai manfaat kesegatan bagi tubuh manusia, kecuali memang efek ‘boost’ agar tubuh merasa selalu segar.

kandungan utama dalam minuman energi adalah gula, taurin dan kafein, konsumsi taurin memang bisa membantu meningkatkan konsentrasi berfikir tapi itu awalnya saja, kala dikonsumsi secara teratur bukan manfaat yang didapat tapi malah ‘penyakit’ seperti sakit kepala, kelelahan otak serta penurunan fungsi ginjal, sedangkan kafien memang terdengar lebih familiar terutama bagi para penyuka kopi, kafien merupakan stimulan yang dapat meningkatkan kerja jantung memompa darah, bisa mngurangi kantuk juga. kafein masih aman dikonsumsi jika tidak lebih dari 200mg perhari (1 cangkir kopi) untuk orang dewasa, tapi di beberapa minuman energi kadar kafien ini bisa melebihi dari 1 cangkir kopi lho, terlalu banyak konsumsi kafein, jantung yang bakalan kena duluan.

minumanenergitidakaman

dari beberapa pengalaman orang disekitar saya yang rutin konsumsi minuman energi, ada yang merasakan memang makin lama ada unsur addict yang timbul, kecanduan jika dalam 1 hari tidak minum maka tubuh serasa lemas dan enggan beraktivitas, konsumsi berlebih minuman bernergi tentunya tidak baik bagi kesehatan, ginjal, hati dan jantung tinggal menunggu giliran siapa yang pertama yang bakalan ‘kena’.

selain amrik yang sudah membatasi penjualan energy drink terutama untuk kalangan remaja, pemerintah arab saudi pun sudah menyatakan perang terhadap minuman bernergi, di arab saudi minuman energi dilarang untuk diperjualbelikan secara bebas, dilarang melakukan promosi dalam bentuk apapun dalam media apapun selain itu juga prosuk enegry drink dilarang menjadi sponsor kegiatan/event olah raga atau event sosial budaya yang lain. nah lho!

jadinya, minuman energi memang aman serta tidak berbahaya jika dibiarkan didalam kemasannya alias tidak usah diminum, hahaha dengan harga yang sama kita bisa mendapatkan minuman ‘energi’ lain yang lebih baik, seperti air putih/mineral, jus buah murni, wedang jahe, wedang kencur, dll

beberapa manfat konsumsi minuman bernergi secara berlebihan antara lain tekanan darah tinggi, diabetes, sakit jantung, penurunan fungsi hati serta ginjal, gangguan pencernaan, sulit tidur, kurang konsentrasi, osteporosis dan masih banyak lagi manfaat minuman energi yang lain, silahkan dicoba sendiri untuk merasakah khasiat minuman berenergi.

*oh ya stop juga minum minuman oplosan ya lik, tutupen botolmu tutupen oplosanmu!

*satu lagi jangan ngaku penyuka kopi, kalau minum kopi kere sachet aja bangga serta share sana sini soal manfaat minum kopi :D, minum kopi bermanfaat tapi ya kopi beneran…

7 thoughts on “Minuman energi aman tidak berbahaya jika…

  1. andhi_125

    kalo sesekali sih oke ajah..tombo ngelak 😆
    segala sesuatu yang berlebihan emang gak baik, terutama utang :mrgreen:

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *