Gerhana Bulan, Blood Moon, jangan sampai ketinggalan

By | April 4, 2015

malam hari ini sabtu (4/4/15) akan terjadi salah satu fenomena alam yang sebenarnya merupakan fenomena yang sudah umum terjadi, gerhana bulan adalah salah satu fenomena alam yang terjadi jika sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. yang membuat unik pada gerhana kali ini bisa dilihat oleh mata telanjang di seluruh penjuru Indonesia jikalau cuaca memungkinkan.

gerhana bulan blood moon

untuk gerhana bulan yang akan berlangsung malam hari ini, posisi gerhana bulan ada di sebelah timur dan terjadi di waktu yang masih terhitung sore, bagi yang tertarik melihat fenomena alam ini siap-siap saja di lokasi outdoor tentunya, antara pukul 5.30 sore sampe 9.00 malam WIB, gerhana bulan yang akan terjadi petang nanti merupakan gerhana bulan total, pada puncak-nya gerhana bulan akan terlihat merah seperti darah, makanya disebut dengan Blood Moon.

NASA menyatakan bahwa gerhana bulan ini cukup unik karena hanya terjadi 3 kali dalam kurun waktu 500 tahun sekali, gerhana bulan maupun matahari memang diartikan banyak hal oleh berbagai elemen komunitas masyarakat, banyak legenda, mitos yang selalu muncul ketika gerhana terjadi.

bagi yang beragama Islam, Kemenag juga sudah menghimbau untuk melaksanakan Sholat Sunat Khsusf/Sholat Gerhana di masjid-masjid.

“sesungguhnya matahari dan bulan itu adalah dua tanda kekuasaan Allah. Terjadinya gerhana matahari dan bulan itu bukanlah karena kematian atau kehidupan seeorang. Maka jika engkau melihatnya, berzikirlah kepada Allah ”
(HR. Bukhari dan Muslim)

About these ads

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *