Panduan cara pendaftaran registrasi e-PUPNS

By | September 3, 2015

setelah kemarin membahas secara global bagaimana alur PUPNS, sekarang ditampilkan langkah pertama untuk menggunakan PUPNS online yaitu melakukan proses registrasi atau pendaftaran ke sistem e-PUPNS, cukup mudah dimengerti lah proses pendaftaran ini, yang penting koneksi internet stabil dan kencang.


berikut adalah urutan registrasi/pendaftaran untuk mendapatkan akun ke sistem PUPNS :
1. masuk ke halaman epupns.bkn.go.id/registrasi
2. isikan 18 digit NIP PNS secara benar, jika sudah tekan tombol enter atau klik Cari.

cara-pengisian-formulir-pendaftaran-form-e-pupns*Form isian registasi awal PUPNS

3. jika muncul error saat registrasi PUPNS di kolom memasukkan NIP padahal NIP yang di-entri sudah benar dan muncul pesan “Maaf, Instansi anda belum membuka pendaftaran”, silahkan menghubungi HELPDESK PUPNS atau BKD setempat, salah satu faktor-nya karena secara sistem memang di tempat anda bekerja belum siap untuk proses pendaftaran, atau masih dalam proses penjadwalan, silahkan konfirmasi ulang kapan waktu dan tanggal-nya.

4. Jika tidak ada error, maka kolom Nama dan Instansi anda akan muncul secara otomatis.

5. isikan pada kolom e-mail, alamat email yang aktif, sebaiknya gunakan alamat email yang khusus untuk urusan pekerjaan agar mudah dalam pengelolaan-nya kedepan, oh ya jangan sampai lupa password emailnya ya hehe

6. setelah itu klik tombol Lanjut.

cara-pengisian-form-pendaftaran-punpns-online-2*Form isian data akun PUPNS

7. form isian lanjutan akan ditampilkan, di form ini diharuskan mengisi Password/kata kunci pribadi anda yang akan digunakan untuk login aplikasi e-PUPNS, selain password ada beberapa isian lagi yang juga wajib diisi, sebaiknya semua isian yang diisikan di sini dicatat atau di-screenshot agar bila kedepannya ada masalah saat login atau lupa password dll tidak salah dalam memberikan data dukung untuk memulihkan akun.

8. jika pengisian form ini sudah selesai, klik tombol Registrasi.

form-registrasi-pendaftaran-punpns-sukses

9. jika registrasi sukses akan ditampilkan form pemberitahuan.

10. klik tombol Cetak untuk mencetak bukti Registrasi, catat atau ingat Kode Register yang ada, soalnya Kode Register ini berfungsi sebagai Username untuk masuk/login ke e-PUPNS.

PENTING ** dalam proses ini yang perlu diingat atau dicatat adalah Kode Register pada point. 10 dan Kata Kunci pada point. 7, kedua-nya digunakan untuk proses login ke aplikasi PUPNS.

untuk cara login serta update data PNS di aplikasi PUPNS bisa klik cara pengisian PUPNS

tanda-bukti-pendaftaran-registrasi-punpns-2015

15 thoughts on “Panduan cara pendaftaran registrasi e-PUPNS

  1. Pingback: Cara login registrasi pendaftaran PUPNS, Pendataan Ulang PNS | remcakram.com

  2. sutrimo

    saya sudah regis smpe pengisian pertanyaan dan ibu kandung saat klik register tba” terputus internetnya sebelum muncul bukti register kluar. dan saya ingin cetak ulang dan memasukan tempat tanggal lahir saya mengapa tdk cocok dengan nip saya. saya tdk dpat cetak ulang. saat ingin mencoba daftar lagi nip saya sudah terdaftar. pertanyaan saya mengapa nama ibu kandung dan tempat lahir saya salah saat konfirm padahal itu yang saya masukan saat register. mohon info?

    Reply
    1. jahe Post author

      langsung hubungi admin pupns di tempat kerja anda atau BKD-nya, bisa juga ke help desk PUPNS, karena memang status sudah terdaftar

      Reply
      1. eca

        Sy baru mutasi kerja..registrasi pupns sdh brhasil tpi masalahnya instansi sy msh d tmpat yg lama.gmna solusinya agar instansi d tmpat yg baru mengingat registrasi sdh brhsil sukses.bisakah reg kembali untk mngganti instansi

        Reply
        1. jahe Post author

          masuk ke halaman registrasi PUPNS

          pilih tombol helpdesk dibawah kolom instansi atau klik disini (pilih permasalahan : “beda instansi”)

          upload data scan yang diminta, SK Kepegawaian/SK Mutasi

          Reply
    1. rima

      maubtanya, apabila sudah cetak tp masih terdapat kesalahan nama bagaimana y mengubahnya? mohon d bantu ya..

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *