setelah berhasil melakukan registrasi PUPNS dan mendapatkan Kode Register, langkah berikutnya adalah login untuk melakukan pemutakhiran data atau update, untuk ini tidak perlu registrasi lagi, langsung saja menuju halaman login PUPNS.

login-pupns-

masuk ke alamat ; epupns.bkn.go.id/login, pada halaman ini akan ditampilan 2 kolom, kolom pertama isi dengan username/Kode Register, kolom kedua diisi dengan Kata Kunci/Password yang telah anda daftarkan pada proses registrasi PUPNS yang telah dilakukan, klik tombol Login jika sudah yakin isian benar.

formulir-isian-pupns

setelah halaman login berhasil, akan ditampilkan form baru yang berisi Data Dasar dengan beberapa tab yang berisi kolom-kolom yang memang sudah terisi data, tugas PNS adalah memverikasi ulang isian data-data ini, jika ada yang salah di perbaiki jika ada yang kurang ditambahkan.

cara untuk koreksi atau update data PUPNS mudah kok tinggal klik tanda V jika sudah benar data yang tertampil, atau pilih tanda X jika data masih perlu diperbaiki, jika sudah selesai melakukan koreksi jangan lupa klik tombol Simpan dibagian bawah form.

untuk penyesuaian data lainnya cukup mudah tinggal ikuti perintah saja, klik tombol yang tersedia di sisi kanan kolom, ada tombol Tambah, Ubah, Hapus, Simpan atau Batal, secara umum aplikasi ini user friendly, mudah dipahami siapa saja yang penting tidak gaptek komputer haha, paling kendala-nya adalah untuk membuka halaman web pupns.bkn.go.id saat ini cukup berat karena memang yang akses server PUPNS pastinya banyak banget.

Advertisements