setelah era modif ala Honda CB booming dengan menumbalkan Honda keluaran baru sebagai bahan modif-nya, masih ada saja biker yang setia dengan karakter aseli motor-nya tanpa ikut merubah identitas si motor menjadi CB wanna be, meski Honda GL Pro atau GL Max adalah varian paling laris buat bahan CB, masih ada kok yang modif motor GL ini dengan tetap menampilkan ciri khas motor GL Pro atau GL Max yaitu tangki kotan serta lampu belakang kotak.


di beberapa komunitas motor ini ngetren dengan sebutan si bokong kotak karena memang bentuk lampu rem nya yang kotak, GL Pro atau GL Max merupakan motor produksi Honda yang berbagi bentuk bodi yang sama, perbedaannya hanya GL Pro bermesin 160cc sedangkan GL Max 125cc.

image

*Honda GL Pro orisinil

salah satu tren modif GL Pro/GL Max adalah aliran retro klasik dengan tetap mempertahankan bodi cover asli tapi dirubah dengan tampilan rata atau lurus dari tangki sampai bodi dan jok belakang, plus ditambah penggunaan lampu pesek dan roda ring 17.

image

dulu saya kira memang bentuk GL Pro seperti itu ternyata modif ini butuh usaha yang tidak se-simple hasilnya, untuk membuat Gl Pro atau GL Max rata ini ternyata diperlukan tekuk atau press rangka.

rangka yang ditekuk adalah rangka belakang yang ada bodi cover belakang-nya, untuk proses tekuk rangka ini bisa dikerjakan di bengkel-bengkel yang biasa menangani press rangka, sekitar 2-3 cm rangka akan ditekuk kebawah.

image

selain tekuk rangka belakang, plat posisi baut bodi cover aki juga perlu di tekuk atau disesuaikan agar bisa rata dengan bodi belakang, selain itu tangki depan diganjal agar posisi nya tidak terlalu mendongak, sentuhan akhir tentunya pemasangan jok tebal rata, bisa pakai jok ori yang ditambahi busa atau beli jadi.

Advertisements