I Doser, Digital Dose, benarkah narkoba versi digital?

By | October 13, 2015

kemarin sempet dapat broadcast dari seorang kawan, yang intinya mengatakan telah beredar narkoba dengan jenis yang sama sekali baru, narkoba ini tidak berbentuk cairan, bubuk atau padat tapi berupa file audio yang bisa dimainkan melalui sebuah aplikasi yang bisa didownload di Apple Store atau Google Play.

setelah saya telusuri dengan Google, ternyata di luar negeri sana I-Doser sudah ada sejak tahun 2010-an, aplikasi ini pada awalnya memang hanya tersesia untuk platform PC, baru sekarang2 ini saja juga ada versi mobile-nya, cara pakai i-doser ini adalah menggunakan earphone atau headset kemudian memutar file audio tertentu yang ada pada si aplikasi ini, tiap track yang dimainkan di aplikasi ini punya “judul lagu” yang berbeda-beda dengan nama yang uaneh-aneh, ada dua nama track yang kata nya bisa memberikan efek yang luar biasa pada pengguna-nya, namanya Hand Of God serta Gates Of Hades.

oh ya untuk mendapatkan track tertentu, pengguna diharuskan membayar/membeli track tersebut, yang harganya antara 3-10$, hasil dari googling sih kesimpulannya tidak ada bukti ilmiah bahwa aplikasi ini bisa membawa dampak seperti narkoba. sudah pernah dilakukan investigasi oleh otoritas di Dubai yang menyatakan tidak ada bukti aplikasi ini memberikan efek kecanduan.

image

kalau menurut saya sih aplikasi semacam ini sudah banyak ada sejak jaman Windows 98 kali ya, aplikasi yang memutar lagu/file audio yang katanya akan memicu gelombang otak alpha, beta, tetha dan semacamnya, yang akan memberikan efek tertentu untuk pendengarnya, intinya sih biasa disebut dengan musik musik relaksasi atau musik terapi.

i-doser pun demikian aplikasi ini menawarkan sesuatu yang bisa merubah mood pengguna-nya, semacam lagu biasa saja hanya saja model lagu yang berbeda hehe. cmiiw

kalau menurut saya sih rame broadcast i-doser salah satu bagian gimmick marketing saja, biar banyak yang tahu lalu penasaran dan mencoba download, ya karena untuk aplikas i-doser ini di play store dijual sekitar Rp. 72rb, bisa dilihat ternyata di playstore banyak aplikasi lain yang menawarkan recreational music selain i doser.

image

About these ads

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *