AgustaWestland AW101 VVIP, mengenal calon helikopter kepresidenan RI terbaru

By | November 28, 2015

saat ini di beberapa media besar memang cukup ramai membahas calon pengganti helikopter kepresidenan RI yang sudah cukup uzur, Super Puma, banyak faktor yang jadi polemik tapi benang merah-nya yang menjadi masalah adalah sudah menjadi semacam ‘tradisi’ kalau helikopter kepresidenan RI sampai saat ini selalu dipasok oleh vendor lokal pembuat pesawat terbang, PT DI (dulu IPTN) dengan helikopter tipe Super Puma VVIP.

agustawestland 101 VVIP

tetapi ada yang berbeda untuk kedepan, helikopter kepresidenan RI akan mengambil helikopter kelas medium VVIP produksi AugustaWestland, AgustaWestland sendiri adalah perusahaan pembuat helikopter yang berbasis di Italia merupakan hasil merger antara perusahaan Agusta (Italia) dan Westland Helicopters (Inggris).

agustawestland AW101 VVIP

untuk air force one versi helikopter ini, seri yang akan dibeli adalah AgustaWestland AW101, tipe ini mempunyai 3 sub varian yaitu Head of government state transport/VVIP, Combat SAR, SAR (Search and Rescue), dan utility, jadinya yang bakal dibeli Indonesia adalah versi top-nya Head of government state transport, kapasitas helikopter AW101 ini untuk versi utility transport personel adalah sekitar 38 orang tapi untuk versi VVIP/helikopter kepresidenan daya angkutnya susut hanya menjadi 10-13 orang saja atau sesuai pesanan pembeli, rencananya TNI AU bakal mengadakan 3 unit AW101 VVIP yang memang sudah dianggarkan sejak tahun lalu dan sudah masuk juga ke MEF Renstra II (2015-2019), helikopter pertama akan datang pada tahun 2016 nanti, sedangkan sisanya akan datang menyusul secara bertahap.

desain helikopter presiden agustawestland aw101
* ruang interior kabin helikopter kepresidenan AW-101 VVIP bisa berubah sesuai pesanan.

AW-101 VVIP menggendong 3 buah mesin General Electric CT7-8E turboshaft dengan teknologi Full Authority Digital Engine Control (FADEC), Teknologi FADEC ini membuat helikopter dapat terbang dengan optimal meskipun hanya dengan satu mesin saja. AW101 dapat terbang selama 6,5 jam. helikopter ini juga mampu melakukan pengisian bahan bakar di udara (air refuelling). Dengan kapasitas bahan bakar 4rb liter, AW-101 VVIP sanggup terbang sejauh 1.360 km dengan kecepatan jelajah mencapai 278 Km/jam serta maksimal bisa digeber sampai Kecepatan 309 km/jam

interior AgustaWestlan AW101
* ruang interior kabin helikopter kepresidenan AW-101 VVIP

kelebihan lain helikopter AW101 VVIP yang dibeli dengan harga tidak kurang dari 45Juta $ per unit ini adalah anti peluru, anti crash dengan perlindungan air bag system, tersedia juga pelampung serta perahu karet sebagai perlengkapan standar VVIP, untuk kenyamanan kepala negara/VVIP, AW-101 VVIP mempunyai ukuran kabin yang luas di kelas helikopter sekelasnya, yakni kompartemen dengan tinggi 1,83 meter dan lebar 2,49 meter. AW-101 VVIP menyediakan interior dengan kursi mewah berikut perabotannya, pintu tangga samping VVIP, dan pintu belakang lewat/ramp door untuk keluar masuk staf dan pasukan pengaman presiden/paspampres. fitur lain di ruang kabin helikopter AW101 VVI{ mencakup sistem secure communication, toilet, peralatan medis, kursi staf/paspampres, perangkat informasi/hiburan, dan perlindungan balistik. Kabin AW101 VVIP juga dipastikan mempunyai fitur low noise dan efek getaran yang rendah.

Untuk sistem avionic penerbangan mengacu pada AW101 versi Combat SAR, kedua pilot dilengkapi fasilitas Night Vision Goggle (NVG) yang cocok dengan glass cockpit, fully integrated communications, dan mission management systems yang memberi gambaran situasi nyata kepada pilot tentang situasi real yang sedang dihadapi.

untuk versi VVIP AgustaWestland juga menawarkan defensive aids suite untuk AW101 VVIP, komponen yang disertakan terdiri dari Radar Warning Receiver (RWR), Missile Approach Warning System (MAWS), Laser Warning System (LWS), Directed Infra-Red Countermeasures (DIRCM), Countermeasures Dispensing System (CMDS).

Helikopter kepresidenan RI jenis Agusta Westland AW-101 VVIP ini akan dioperasikan oleh Skuadron Udara 45 VVIP, yang mempunyai pangkalan di Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta, untuk sekarang AW101 VVIP memang baru digunakan oleh 4 negara yaitu pemerintah Arab Saudi, Nigeria, Turkmenistan, dan Algeria. bagi yang suka film James Bond Skyfall coba diingat helikopter ini juga mengambil peranan sebagai helikopter trasnport musuh james bond saat menyerang di kastil tua tempat persembunyian si james bond.

AW101 beraksi di film james bond skyfall
*AW-101 beraksi di film James Bond Skyfall

sumber : indomiliter.com ; wikipedia.org ; google.com

6 thoughts on “AgustaWestland AW101 VVIP, mengenal calon helikopter kepresidenan RI terbaru

  1. mariodevan

    ralat itu bukan helikopter kepresidenan, tpi helikopter milik angkatan udara untuk tugas VIP dan VVIP…. mengantikan helikppter lama yg uda uzur

    Reply
    1. jahe Post author

      info yang saya dapat memang beli 3 buah utk VVIP, satu memang khususon utk presiden & wapres yang 2 lainnya utk tamu VVIP lain, cmiiw

      Reply
      1. mariodevan

        aq lihat di tv kompas, humas AU bilang, g ada istilah helikopter kepresidenan itu smua helikopter AU, yg digunakan untuk tugas VIP..entahlah mna yg bener wkwwk..

        Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *