akhirnya dapat kesempatan mencoba bus Damri Bandara Soekarno Hatta – Stasiun Gambir

By | December 2, 2015

beberapa kali bertugas dari daerah ke ibukota memang saya suka mencoba transportasi publik yang ada di Jakarta, itupun hanya bisa dilakukan kalau bertugas berangkat sendiri, jarang yang mau diajak mencoba ngerasain sarana transportasi masal di Jakarta.


soalnya kalau berangkat dengan teman atau atasan biasanya pilih nya transportasi yang ‘mudah’ saja seperti Taksi, kebetulan beberapa minggu lalu ada tugas ke Jakarta kali ini saya pengen coba bus damri bandara saja, meskipun kalau diliat jalur bus ini memutar sedikit menjauh dari tempat tujuan saya di Jakarta Pusat tepatnya di sekitar Harmoni.

image

setelah turun dari bandara di terminal 1 saya langsung keluar menuju shelter Damri yang terletak seberang pintu keluar, atau tepatnya di dekat kawasan parkir kendaraan, beruntung tidak menuggu lama bus Damri bandara Soekarno Hatta tujuan Stasiun Gambir sudah datang, harga tiket yang harus dibayar adalah Rp. 40rb, kesan pertama bus nya memang nyaman banget, bersih, ada tempat untuk meletakkan tas koper dibagian depan, di bagian belakang juga tersedia toilet, konfigurasi tempat duduk 2-2 juga cukup pas tidak lebar tapi juga tidak terlalu sempit, bus damri bandara ini akan memutari 3 terminal yang ada di bandara soekarno hatta sebelum menuju gambir, penumpang bisa beli tiket di pool/shelter damri bandara atau kalau kebetulan ttidak sempat beli tiket di shelter langsung stopin saja ni bus damri bandara, nanti tiket bisa dibayar langsung pada kondektur bus, tidak perlu khawatir penuh ga kebagian tempat duduk karena bus damri bandara ini tidak mengenal penumpang berdiri jadi kalau bus sudah penuh tidak bakal menaikkan penumpang kok, bud damri bandara ini bus kelas executive.

image

*bersih dan nyaman, adem pula hehe

perjalanan dari bandara menuju stasiun gambir cukup lancar, waktu yang dibutuhkan sekitar 1 jam-an saja, dari stasiun gambir kemudian saya nyambung naik bus transjakarta tujuan Harmoni sentral transjakarta, karena tempat tujuan saya di dekat halte pusat transjakarta ini.

setelah urusan selesai di Jakarta, untuk perjalanan pulang ke Semarang kebetulan juga via pesawat terbang, kembali saya memanfaatkan bus damri bandara, yang memang stasiun awal/akhirnya berada di sisi Stasiun Gambir, meskipun secara jadwal bus damri bandara ini akan jalan setiap 15 menit tapi kenyataannya tetap bus ini akan ‘mangkal’ dulu di stasiun gambir sampai penumpangnya cukup kuota, kebetulan kemarin bus damri yang saya tumpangi ini delay telat berangkat hampir 30 menit dari jadwal seharusnya, so bagi yang menggunakan jasa bus damri bandara ini sebaiknya sediakan tenggang waktu untuk antisipasi bus yang telat berangkat plus juga kemungkinan kemacetan di jalan, secara normal sih kemarin saya baik pas datang maupun pulang, dari bandara soekarno hatta ke stasiun gambir atau sebaliknya perjalanan bisa ditempuh dalam waktu 1 jam lebih sedikit karena memang lalu lintas cukup lancar, setelah sampai di bandara bus ini juga akan memutar ke 3 terminal keberangkatan yang ada di bandara soekarno hatta untuk menurunkan penumpang, untuk rute bus damri bandara soekarno hatta dari dan ke stasiun gambir adalah Stasiun Gambir – Pasar Baru – Jl.Garuda – PRJ – Tol Kemayoran – Tol Sedyatmo – Tol Bandara.

image

* shelter bus damri bandara di Stasiun Gambir, sekaligus shelter bus Damri menuju daerah lain di Jabodetabek dan trayek luar kota lainnya

image

* ada fasilitas colokan listrik juga

image

* jadwal keberangkatan bus Damri bandara dari Stasiun Gambir

3 thoughts on “akhirnya dapat kesempatan mencoba bus Damri Bandara Soekarno Hatta – Stasiun Gambir

  1. nbsusanto

    New Legacy SR-1.. genah bis anyar dan nyaman.. pernah sekali numpak SR-1 e Sinar Jaya.. wingi numpak damri seko jogja olehe Proteus tuwo.. :mrgreen:

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *