pengalaman pertama naik KA Joglokerto

By | January 6, 2016

yup lanjut lagi bahas sarana transportasi umum yang kemarin sempet digunakan waktu liburan akhir tahun, kali ini kereta api, kereta api saya pilih sebagai moda transportasi untuk perjalanan dari Kebumen menuju rumah di Solo, maklum naik kereta api  itu lebih cepat sampai, bebas macet apalagi musim libur panjang kemarin, macet mengular dimana-mana.

biasanya sih kalau dari Solo-Kebumen atau sebaliknya Kebumen-Solo saya biasa naik KA. Logawa, cuma ya kemarin itu liburnya panjang, jadinya sudah tidak kebagian tiket kereta api.

untungnya secara tidak sengaja pas berburu seat kosong kereta api, muncul ni KA Joglokerto, kereta ‘baru’ untuk jarak menengah tujuan Solo-Purwokerto PP, memang untuk KA Joglokerto tiket baru bisa dipesan 7 hari sebelum keberangkatan, ya wis beli tiket KA Joglokerto saja seharga Rp. 60rb/seat penumpang, semua penumpang dapat tempat duduk, karena tidak ada penumpang berdiri seperti pada kereta jarak dekat, untuk penumpang infant/anak dibawah 3 tahun tidak dikenakan biaya alias gratis, berbeda pas dulu naik KA Argo Dwipangga, untuk infant kena charge tiket 10% dari harga tiket penumpang dewasa.

image

KA Joglokerto yang saya tumpangi sampai di Stasiun Kebumen hanya miss 5 menit dari jadwal keberangkatannya, jadinya cukup tepat waktu, konfigurasi tenpat duduk KA Joglokerto adalah seat 2-2 berhadapan, dengan konfigurasi seperti ini ruang dalam gerbong terasa lebih luas, berbeda dengan KA ekonomi lain seperti KA Logawa dengan konfigurasi tempat duduk 2-3, kalau pas bawa koper atau barang berat rada susah jalan-nya, karena sempit.

image

kemarin saya naik di gerbong 4 dengan tempat duduk di barisan tengah, kalau dibandingkan dengan KA Logawa yang biasa saya naiki sih si KA Joglokerto ini kalah dingin, kaos saya sampe basah pas naik Joglokerto kemarin ini, benar-benar sumuk hehhe serasa Prameks, entah karena memang lagi full penumpang atau memang settingan AC-nya pas-pasan atau malah freon AC habis belum diganti wkwkwk.

baru setelah banyak penumpang turun di Stasiun Tugu Yogya, kondisi gerbong sedikiiiiiitttttttt terasa lebih dingin, meskipun begitu ya tetap senang, karena perjalanan dari Stasiun Kebumen sampai Stasiun Solo Balapan dapat ditempuh kurang dari 3 Jam, bandingkan kalau naik kendaraan pribadi, perjalanan 5 Jam aja udah termasuk cepet hehe

image

* ini termasuk vandalisme di gerbong kereta api hehe nempel stiker sembarangan 😀

About these ads

7 thoughts on “pengalaman pertama naik KA Joglokerto

  1. nbsusanto

    60 rebu? weh mayan yo.. dibanding bis bedo sitik tok.. walau nek pas ra musim mudik numpak Eka po SR sik jalur cilacap/pwt ki penak :mrgreen:

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *