RIP, akhirnya Suzuki Thunder 125 discontinue

By | February 17, 2016

kabar duka datang dari pabrikan Suzuki Indonesia/SIS, di tengah persaingan penjualan sepeda motor yang makin ketat ditambah dengan kondisi ekonomi plus penurunan daya beli masyarakat, akhirnya salah satu produk ‘legendaris’ Suzuki Indonesia, Suzuki Thunder 125, harus rela untuk tidak diproduksi lagi, padahal di segmen motor sport entry level suzuki tidak ada produk lain selain Thunder 125.

susuki-thunder-125-terbaru

sayonara EN125 !

Suzuki Thunder 125 lahir sekitar tahun 2004, di awal kemunculannya motor ini sempat mencicipi sebagai motor paling laris mengalahkan Honda Megapro, tapi seiring berjalannya waktu bermunculan kompetitor dengan mesin serta desain yang lebih modern, dan Thunder 125 yang dari dulu tidak pernah melakukan major change yang berarti, ya wis akhirnya ditinggal konsumennya, fyi, dari data yang saya baca penjualan Suzuki Thunder 125 per bulan-nya di tahun 2015 tidak lebih dari 100 unit/bln, cukup jaaaauuuuh bila dibandingkan dengan Vixion, CB150 atau Verza yang bisa laku ribuan bahkan puluhan ribu unit perbulan. 😀 harga thunder 125 kondisi baru terakhir sekitar Rp. 19jt, harga yang kurang kompetitif apalagi kompetitornya sudah mengususng kapasitas mesin lebih besar, 150cc serta sistem injeksi.

berita-thunder-125-tidak-produksi-lagi-discontinue

via Viva.co.id, pada saat peluncuran Suzuki Satria F150 Injeksi kemarin di Sirkuit Sentul, pihak SIS memberikan konfirmasi bahwa sudah tidak produksi Thunder 125 ini, jadi penjualannya hanya menghabiskan stock yang ada saja, motor dengan kapasitas 125 cc SOHC berpendingin udara ini kalau dari beberapa testimoni pengguna-nya mudah perawatannya, untuk tenaga motor ya so so lah, memang bukan motor balap, secara konsep kan memang motor cruiser, wong kapasitas juga hanya 125 cc, problem biasa di karbu vakum kalau sudah cukup berumur motor-nya, tapi solusinya mudah tinggal ganti karet karbu vakum atau cangkok karbu konvensional dengan skep, seperti karbu RX King, Karbu Tiger atau karbu Keihin PE.

Thunder 125 juga cocok dijadikan bahan modifikasi motor dengan gaya scrambler, japs style dan sejenisnya karena desain rangka-nya cukup mendukung, apalagi swing arm bulat-nya cukup kuat kesan klasik-nya, untuk pasaran bekas-nya cukup murah ya karena sepi peminat, hmmm jadi ingat salah satu teman seorang guru yang masih terpaksa setia memelihara thunder 125, lha mau dijual laku tidak lebih mahal dari sebuah smartphone android menengah, ya wis akhirnya thunder 125-nya di modifikasi sok kastem wkwkw

bonus pict :
modifikasi-thunder-125-scrambler
EN125 alias Thunder 125 sok scrambler :D, one of the last FBS, stay strong, bertahan hingga titik onderdil mulai mahal dan langka !

About these ads

9 thoughts on “RIP, akhirnya Suzuki Thunder 125 discontinue

  1. Bjl

    duuhh mesakne tenan guru kae..
    wes kuru.. diblur pisan koyok penjahat spesialis anak kos..

    #RIPTHUNDER125

    Reply
  2. nbsusanto

    lah 19 juta to? kok ngalahi verza.. padahal jaman 2006 mbiyen hargane setara supra lho.. bahkan lebih murah dibanding 125R.. -_-

    Reply
  3. panda

    Baru tau, ane kira udah stop produksi sejak lama. Soalnya 2-3 tahun terakhir ga pernah nongol di dealer suzuki kota ane.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *