gardu tol otomatis (GTO) malah bikin antrian kendaraan di gerbang tol…

By | May 18, 2016

gardu tol otomatis atau GTO sebenarnya bukan hal baru di dunia jalur bebas hambatan di Indonesia, prinsip penggunaan gardu elektronik ini dimaksudkan agar transaksi pembayaran tol bisa lebih cepat dan mudah.

tapi pengalaman berbeda saya rasakan mengenai keberadaan gerbang/gardu tol elektronik/GTO ini, khususnya di jalur tol Semarang dari Sukun ADA Swalayan sampe exit tol Kaligawe untuk ke arah Surabaya atau arah sebaliknya. GTO tol Semarang ini sudah cukup lama, awalnya sih cuma 2 gerbang tapi tahun kemarin ditambah jadi 3 gerbang GTO yang terbagi 2 GTO untuk jalur menuju masuk kota semarang dan 1 GTO tidak ditambah untuk lajur keluar kota Semarang / menuju tol Bawen.

hampir tiap hari saya melewati rute tol ini bolak balik untuk berangkat dan pulang kerja, keberadaan GTO ini menurut yang saya alami setiap hari malah membuat adanya antrian kendaraan di gerbang tol, kadang sampai panjanggggg antriannya terutama di pintu gerbang tol Tembalang, sepertinya pengguna kartu e-toll belum begitu signifikan jumlahnya.

kendaraan yang bisa melintas melalui GTO hanyalah terbatas pada kendaraan kecil saja, dengan posisi GTO di tengah, malah menjadikan GTO ini jg susah diakses pada saat antrian kendaraan terjadi, karena semua kendaraan menumpuk di semua lajur, dan pada saat mendekati lajur GTO kendaraan-kendaraan yang tidak menggunakan GTO akan berusaha manuver masuk ke jalur gerbang biasa, disinilah keruwetan mulai terjadi. apalagi untuk kendaraan besar seperti bus luar kota biasanya tidak sabar ikut antrian gerbang tol, maunya ngeblong serobot jalur.

image

seperti bisa dilihat pada foto, GTO sepi, kendaraan antri untuk masuk di gerbang biasa, dan ini terjadi hampir tiap hari semenjak ada penambahan gerbang GTO di pintu tol Tembalang ini.

selain itu sampai sekarang saya kadang masih melihat kendaraan yang kecele masuk GTO, padahal tidak punya e-toll card, akhirnya harus mundur untuk pindah gerbang kalau memungkinkan, atau kadang pinjam saldo pengemudi dibelakangnya yang pegang kartu tol GTO.

dan pas musim libur, weekend atau long weekend antrian bakal makin panjang hehe, padahal di pintu tol Tembalang ini ada 10 gerbang tol, mungkin perlu re-posisi GTO agar antrian kendaraan tidak terjadi atau keluar masuk gerbang tol jadi lancar seperti sebelum adanya penambahan gerbang GTO.

image

antrian kendaraan seperti ini juga terjadi di gerbang tol Muktiharjo meskipun kondisinya tidak separah di gerbang tol Tembalang.

punya pengalaman serupa dengan GTO di tol lain?

cmiiw

4 thoughts on “gardu tol otomatis (GTO) malah bikin antrian kendaraan di gerbang tol…

  1. nbsusanto

    wkwkwk bener GTO ki cepet bagi yang punya kartu toll, sayangnya yo kui pemilik kartu tol ya terbatas dan mekso ditambah gardu ne.. padahal kudune dianalisis, antri disebabkan nggak punya e-toll.. iya sifatnya pemaksaan buat beli e-toll, tapi berulang terus ki..

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *