bayar pajak 5 tahunan di Samsat Karanganyar

By | October 12, 2016

si Hondah New Megapro akhirnya ganjil berusia 5 tahun bulan ini, ya sebagai warga negara yang baik tentunya ada ritual bayar pajak 5 tahunan yang harus dilakukan.

sebelumnya sudah kebayang ribet dan lama-nya bayar pajak 5 tahunan plus ganti plat nopol ini, dan ternyata dugaan saya ini salah.

saya datang ke Samsat Kabupaten Karanganyar sudah sedikit siang kira2 jam setengah sembilan pagi sampai parkiran, dan sewaktu datang ke Samsat tentunya harus sudah siap BPKB Asli, STNK Asli dan KTP Asli.

berikut urutan ritual PKB 5 tahunan yang kemarin saya lakukan di Samsat Karanganyar.

langkah pertama menuju tempat fotocopy Samsat, ya amati orang lain fotocopy apa saja hehe, trus ikuti, biasanya tukang fotocopy sudah hafal apa dan berapa jumlah copyan, kita tinggal bayar saja.

langkah kedua menuju loket cek fisik kendaraan, di loket ini kita dikasih lembar kecil yang digesek untuk mendapatkan nomer rangka dan nomer mesin, setelah gesek nomer mesin serta nomer rangka kita kembali ke loket ini lagi untuk mendapatkan surat pengesahan.

langkah ketiga, masuk ke kantor Samsat, ambil nomer antrian dulu, setelah itu ambil formulir pendaftaran di loket paling utara, di loket ini kita menyerahkan STNK asli dan KTP asli, setelah beberapa saat nama kita dipanggil, KTP dan STNK asli dikembalikan plus diserahkan formulir pendaftaran yang berisi data lengkap kita dan kendaraan, form ini sudah dalam kondisi terisi otomatis/by system, kita tinggal tanda tangan saja.

langkah kelima, kita pindah ke loket pendaftaran pajak 5 tahunan, ambil stopmap nganggur yang banyak numpuk disitu, masukkan berkas cek fisik, fomulir pendaftaran, STNK, BPKP, KTP (semua asli), plus sisa dokumen yang kita fotokopi di langkah pertama diatas, setelah itu dokumen dalam map itu dikumpulkan lagi untuk dicek pak polisi yang bertugas, hehe, disini ngantri sampai nama kita dipanggil, setelah nama dipanggil dokumen asli BPKB serta KTP dikembalikan, kita diarahkan menuju Kasir untuk membayar pajak.

langkah keenam, pindah posisi ke loket pembayaran/kasir, ngantri lagi sampai nama atau no antrian kita dipanggil, total pajak 5 tahunan yang harus saya bayar untuk new Megapro 2011 adalah Rp. 340rb

langkah ketujuh, setelah dari kasir kita menunggu di loket penyerahan STNK sampai nama kita dipanggil pak Polisi untuk menerima STNK baru, setelah STNK baru diserahkan kita diarahkan menuju bagian belakang kantor samsat untuk ambil plat nopol baru.

langkah kedelapan, menuju ruang pencetakan nopol, disini harus menyerahkan STNK asli, ngantri lagi sampai nama kita dipanggil untuk menerima plat nopol baru serta pengembalian STNK baru.

selesai, jam 10 saya sudah siap2 pulang, berarti cepat sekali ya bayar pajak 5 tahunan di Samsat Karanganyar, kurang lebih 1.5jam saja, wow!

*oh iya, mungkin beda Samsat beda kondisi dan urutan prosesnya lho,.yang saya posting ini yang saya alami sendiri di Samsat Karanganyar.

5 thoughts on “bayar pajak 5 tahunan di Samsat Karanganyar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *